Jumat, 04 April 2014

Warta Urang

Pemuda Punya Sumedang Potensi Kembangkan Budaya Daerah

   

Sumedang News - Ketua Harian Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pemuda Asosiasi Rukun Tetangga Rukun Warga (ARTRW) Indonesia Kab. Sumedang, Drs. Andy Ansyaruding menilai, para pemuda di Kab. Sumedang memiliki potensi yang cukup bagus dan menjanjikan. Khususnya potensi dalam bidang seni dan budaya.

Para pemuda itu berpotensi dalam melestarikan seni bela diri pencak silat, jaipongan, karinding, celempungan dan seni budaya lainnya yang menjadi cikal bakal urang sunda yang ada di wilayah tersebut.

Andy menjelaskan potensi para pemuda dalam bidang seni dan budaya itu disampaikan kepada wartawan di Jatinangor, Kamis (3/4). Menurutnya, potensi seni budaya itu tersebar di sejumlah kecamatan di Kab. Sumedang. Di antaranya di Kec. Rancakalong, Jatinunggal, Darmaraja, Cimanggung, dan kecamatan lainnya.
"Sejumlah kecamatan itu memiliki potensi dalam bidang seni dan budaya yang hingga saat ini masih dilestarikan dan dikembangkan para pemuda setempat," kata Andy.

Namun sayang berbagai potensi pemuda yang ada di sejumlah wilayah itu, kata dia, kurang mendapatkan pembinaan dan bimbingan dari Pemkab. Sumedang. Seharusnya, seiring dengan berkembangnya seni dan budaya di Kab. Sumedang sebagai puser budaya sunda harus dibarengi dengan pembinaan yang baik dari pemerintah.

Sebelumnya, diakuinya, pembinaan dan pengguliran anggaran dari pemerintah pernah ada. Secara financial, nilainya pun cukup besar. Namun Andy menyayangkan, dalam pemanfaatan anggaran itu dalam realisasinya tak tepat sasaran. Hal itu mengingat adanya dugaan tumpang tindih antara program satuan kerja perangkat daerah dengan program lainnya.

"Jika pembinaan dan penganggarannya lebih fokus melalui satu dinas saja yang ada di lingkungan Pemkab. Sumedang, dipastikan akan lebih efisien dalam pemanfaatannya," katanya.

Sumber  : http://www.klik-galamedia.com/pemuda-punya-sumedang-potensi-kembangkan-budaya-daerah

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :