Selasa, 21 Januari 2014

Warta Urang

Tanah di Sumedang Keluarkan Suara Retakan

   

Tanah di Sumedang Keluarkan Suara RetakanSumedang - Warga Kecamatan Tanjungmedar Kabupaten Sumedang tengah dilanda kecemasan. Pasalnya hingga kini, masih terdengar suara retakan di dalam tanah. Padahal Senin (20/1/2014) terdapat sejumlah rumah dan fasilitas umum yang amblas karena pergerakan tanah.

Kepala Desa Sukamukti Kecamatan Tanjungmedar Asep Ruswandi memperkirakan, puluhan rumah masih akan mengalami kerusakan parah yang sama. Mengingat tanah masih terasa bergerak dan menimbulkan bunyi retakan.

“Sampai sekarang tanah terasa bergerak apalagi jika hujan masih turun lebat dalam beberapa hari ini, selain itu, sesekali ada bunyi retakan meski tak bergemuruh namun cukup mengkhawatirkan,” terang Asep.

Asep menyebutkan, gejala bencana tanah amblas itu sendiri sebenarnya sudah mulai terlihat sejak Jumat (17/1/2013) lalu. Beberapa lokasi tanah di kawasan tersebut tampak muncul retakan-retakan kecil walaupun hanya sedikit. Karena terus-terusan diguyur hujan akhirnya retakan tanah yang semula kecil itu pun ternyata kian menggangga dan tiba-tiba saja langsung amblas hingga kedalaman 1 meter.

Hal yang sama diungkapkan juga oleh Idi (54) Ketua RT 01 RW 03 Dusun Bungbulang. “Sebelumnya retakannya hanya kecil saja, tapi kareya hujan terus lebat tiba-tiba tanahnya amblas dan rumah pun anjlok bagian lantai dan dindingnya di beberapa bagian,” kata Idi. [rni]



Sumber : http://www.inilahkoran.com/read/detail/2066332/tanah-di-sumedang-keluarkan-suara-retakan

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :