Selasa, 21 Januari 2014

Warta Urang

Korban Tanah Amblas di Sumedang akan Direlokasi

   

Korban Tanah Amblas di Sumedang akan DirelokasiSumedang - Bupati Sumedang memberikan bantuan berupa sembako kepada 61 kepala keluarga yang terkena bencana tanah amblas di Dusun Bungbulang dan Dusun Sindangpalay, Desa Sukamukti, Kecamatan Tanjungmedar, Senin petang (20/1/2014).

Untuk sementara, bantuan yang dibutuhkan adalah sembako karena warga sudah kehabisan bahan makanan sejak hujan beberapa hari lalu.

"Bantuan yang dibutuhkan adalah sembako, karena stok sembako menipis akibat hujan deras sudah berhari-hari turun di wilayah ini," kata Bupati Sumedang Ade Irawan.

Ade mengaku baru menerima laporan bencana tanah amblas pada Senin pagi. Menerima laporan, dia langsung menjadwalkan untuk pemberian bantuan kepada para korban.

"Kami mencoba memberikan bantuan seadanya, namun kami terus berupaya untuk menyelesaikan bencana ini," kata Ade.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa Perlindungan Masyarakat dan Penanggulangan Bencana (BKBMPB) Asep Sudrajat mengatakan, tanah di kampung tersebut memang pernah amblas pada 2003 silam. Saat itu, ada sekitar 100 rumah yang retak dan amblas di sebagian dinding rumahnya.

Akibat bencana itu, sebanyak 50 rumah sudah direlokasi ke tempat yang lebih aman. Namun, sebagian masih tetap bertahan hingga bencana ini terjadi lagi.

Kini, Pemkab sedang berupaya merelokasi para korban ke tanah kas desa. Saat kunjungan bupati, sejumlah persiapan sudah dilakukan, di antaranya membahas kebutuhan dana pembangunan rumah. Sementara tanah yang digunakan adalah tanah kas desa yang rencananya akan disewa Pemkab.

"Sudah ada pembincangan. Mudah-mudahan bisa cepat jadi lahan relokasi karena musim hujan diperkirakan masih berlangsung lama," kata Asep. [hus]



Sumber : http://www.inilahkoran.com/read/detail/2066404/korban-tanah-amblas-di-sumedang-akan-direlokasi

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :