Kamis, 02 Januari 2014

Warta Urang

BPJS Sumedang Simpan Uang Muka Rp20 Miliar

   

Sumedang - Di hari pertama penerapan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Sumedang sudah menyimpan uang muka sebanyak Rp20 miliar di Dinas Kesehatan Sumedang.

Dana itu sebagai biaya pelayanan kesehatan primer dalam penyelenggaraan SJSN atau disebut juga Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Uang ini digunakan untuk membeli persediaan obat, alat kesehatan, sarana dan jasa pelayanan di puskesmas.

"BPJS sudah simpan uang muka sebanyak Rp20 miliar untuk penyelenggaraan awal JKN di Sumedang, jadi kami memang sudah siap," kata Kepala BPJS Sumedang dr. Ketler Siahaan, Rabu (1/1/2014).

Pelayanan kesehatan primer yaitu yang diberikan di puskesmas dan dokter keluarga sudah harus berjalan optimal pada masa awal penyelenggaraan JKN. Oleh karenanya, BPJS sudah menyiapkan sejumlah dana tersebut agar ketika di hari pertema peserta BPJS ada yang membutuhkan pelayanan, tindakan dan pelayanan sudah tersedia.

Jumlah uang muka ditetapkan berdasarkan jumlah peserta BPJS yang merupakan alihan dari peserta jamkesmas. Sementara setiap bulannya, BPJS atau yang sebelumnya bernama PT Askes membayar klaim sebanyak Rp 25 miliar untuk peserta Jamkesmas saja tersebar di puskesmas dan rumah sakit.

Di hari pertama tahun ini, BPJS sudah menerima peserta dari masyarakat umum. Bagi yang ingin mendaftar, dia mengatakan, masyarakat segera menghubungi BNI, BRI, dan Bank Mandiri yang ditunjuk sebagai bank penerima pembayaran premi BPJS. Setelah dari bank, dipersilakan menunjukan bukti pembayaran ke kantor BPJS untuk dicatat dan menerima kartu BPJS.

Menurut Ketler, butuh waktu 15 sampai 30 menit untuk proses pencatatan dan penerbitan kartu di kantor BPJS. Setelah terdaftar, peserta memilih tempat pelayanan kesehatan mana yang akan digunakan.

BPJS akan memberikan beberapa tawaran tempat pelayanan kesehatan tersebut seperti puskesmas, rumah sakit, dokter keluarga, atau klinik swasta yang sudah bekerjasama.

Peserta BPJS selama berobat hanya boleh mengakses kesehatan di tempat pelayanan yang sudah disepakati. [hus]



Sumber : http://www.inilahkoran.com/read/detail/2060954/bpjs-sumedang-simpan-uang-muka-rp20-miliar

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :