Sabtu, 28 Desember 2013

Warta Urang

Pemkab Sumedang Lanjutkan Pembebasan Lahan Kantor

   

Sumedang - Pemkab Sumedang melanjutkan pembebasan lahan untuk pembangunan kantornya di Jalan Prabu Gajah Agung seluas 4.760 meter persegi.

Saat ini penyediaan lahan untuk pembangunan IPP sudah dibebaskan seluas 12 hektare dari total kebutuhan pembangunan IPP secara keseluruhan seluas 32 hektare.

Saat ini Kawasan IPP baru dibangun kantor Serkretariat Daerah. Pembangunan yang sedang berlangsung yaitu empat gedung lantai dua untuk Bappeda dan DPPKAD.

Pembebasan lahan yang dilakukan saat ini dengan anggaran dari pemerintah provinsi sebesar Rp5 miliar dan APBD Sumedang sebesar Rp700 juta.

“Pemilik lahan legowo untuk membebaskan tanahnya kepada pemda. Dua pemilik lahan memberikan harga yang sudah dinilai oleh tim independen dengan keikhlasan mereka untuk pemda,” kata Sekda Sumedang Zaenal Alimin, Jumat (27/12/2013).

Menurut Zaenal, harga lahan yang dibebaskan sebesar Rp5,25 juta per tumbak dari total 340 tumbak. Penawaran pertama pemilik tanah lebih tinggi dari harga yang ditawarkan oleh tim independen yaitu minimal per bata seharga Rp12 juta.

Penawaran yang akhirnya disepakati oleh pemilik lahan dengan harga setengah kurang dari harga yang sebelumnya ditawarkan oleh pemilik lahan.

Lokasi pembebasan lahan berada di Jalan Prabu Gajah Agung yang sebelumnya merupakan lahan pertanian. Lokasi berada sekitar 100 meter dari Jalan Prabu Gajah Agung. Lokasi tersebut berdekatan dengan Kantor Bappeda yang saat ini hampir selesai.

“Alternatif lain dari pembangunan IPP yaitu dengan pembangunan ke atas (bertingkat) agar tidak memerlukan pembebasan lahan yang terlalu luas,” kata Zaenal.

Dia melanjutkan, pembangunan kantor-kantor pemerintahan di IPP disesuaikan dengan maket yang telah dibuat. Prioritas perbangunan selanjutnya yaitu kantor Badan Keuangan Daerah (BKD) dan kantor Inspektorat.

Sementara, Sekretaris Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Sumedang Nurdin Zein mengatakan, penganggaran kedua pembangunan gedung DPPKAD dan Bappeda sebesar Rp16 miliar.

Setelah gedung DPPKAD dan Bappeda, pembangunan selanjutnya direncanakan pembangunan gedung BKD. Pembanguan BKD juga direncanakan akan dilengkapi dengan pembangunan gedung pendidikan dan latihan (diklat). [hus]




Sumber : http://www.inilahkoran.com/read/detail/2059786/pemkab-sumedang-lanjutkan-pembebasan-lahan-kantor

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :