Breaking News

Rayakan Tahun Baru, Hindari Alun-Alun Sumedang

Sumedang - Alun-alun Sumedang tertutup untuk merayakan malam pergantian tahun, Selasa malam nanti, (31/12/2013). Pemkab tak akan memberikan akses masuk kepada siapapun untuk beraktivitas di pusat kota ini pada malam perayaan Tahun Baru.

“Kami melarang siapa saja menggunakan Alun-alun untuk perayaan Tahun Baru apalagi ada kendaraan masuk dan panggung hiburan, Alun-alun ditutup aksesnya,” kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Sumedang Agus Sukandar, Jumat (27/12/2013).

Namun, karena alun-alun adalah tempat terbuka, Pemkab Sumedang tak mungkin menutup sama sekali lahan terbuka hijau tersebut. Pintu-pintu gapura berpagar jarang tetap saja bisa dimasuki orang. Namun paling tidak, kendaraan roda dua apalagi roda empat tidak bisa masuk ke arena Alun-alun.

Sejumlah petugas Satpol PP juga akan disiapkan di seputar alun-alun untuk memantau aktivitas massa yang bisa mengganggu keindahan dan ketertiban alun-alun.

“Nanti ada Satpol PP yang memang biasa ditugaskan pada Tahun Baru sebagai personel perbantuan untuk kepolisian, tapi kali ini mendapat tugas tambahan untuk menjaga ketertiban dan keindahan alun-alun,” terang Agus.

Alun-alun Sumedang mulai ditata Oktober 2012. Beberapa bagian dibongkar untuk menambah luas alun-alun. Sebelumnya, alun-alun sangat kotor dan kumuh bahkan pada pelaksanaan sholat Idul Fitri Agustus 2012 lalu, hampir semua orang mengeluhkan kotornya alun-alun. Pada Tahun Baru 2013 lalu, alun-alun masih dibuka untuk kendaraan roda empat dan panggung. Setelah itu, seluruh pintu alun-alun tertutup kecuali gapura berpagar jarang yang masih bisa dilalui orang untuk menikmati ruang terbuka hijau yang kini penuh dengan tanaman. [rni]




Sumber : http://www.inilahkoran.com/read/detail/2059739/rayakan-tahun-baru-hindari-alun-alun-sumedang