Sabtu, 21 Desember 2013

Warta Urang

Pedagang di Pasar Sandang Mulai Bulan Depan Direlokasi

   

[caption id="attachment_1492" align="alignleft" width="300"]Pasar Pasar (sumber:inilah.com)[/caption]

Sumedang - Mulai Januari 2014, ribuan pedagang di Pasar Sandang dan pasar inpres akan berpindah tempat ke pasar sementara yang selesai dibangun akhir Desember ini. Tempat berjualan mereka akan segera direnovasi dalam upaya revitalisasi pasar Sumedang.


"Pasar sementara di sejumlah titik itu selesai akhir Desember ini, jadi nanti awal Januari seluruh warga pasar akan pindah jualan ke lahan sementara," kata Engkos, Kabid Pasar di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diserindag) Sumedang, Jumat (20/12/2013).

Jumlah kios sementara yang dibangun sejumlah 716 unit berupa los atau kios berukuran 2x2 meter dengan kekuatan semi permanen terbuat dari papan. Sebanyak 507 unit sudah selesai dan 129 unit pembangunanya masih sedang dilaksanakan hingga jelang akhir tahun nanti.

Penempatan kios disesuaikan dengan jenis dagangan. Misalnya, sebanyak 20 toko emas akan ditempatkan di kios paling depan untuk menghindari adanya ancaman keamanan. Begitu juga dengan jenis dagangan sayuran atau bahan pangan lainnya akan ditempatkan sesuai zonanya.

Lokasi pasar sementara berada di Jalan Tampomas. Di sepanjang jalan ini pun sehari-hari sudah dipenuhi PKL. Lokasi pasar sementara lainnya adalah di seputaran Taman Endog. Bahkan kawasan dalam taman sekarang sudah digunakan sebagai tempat jualan.

Jika masih ada kekurangan kios, pengembang masih akan membangun pasar sementara di Rancamulya, yaitu jalan raya yang digunakan sebagai akses alternatif menuju pasar Sumedang.

Sementara, selama pasar direnovasi selama satu setengah tahun, seluruh retribusi pasar akan ditanggung atau dibayar pihak pengembang.

Menurut Engkos, pendapatan retribusi yang ditargetkan pada 2013 sebesar Rp217.291.400 untuk pasar Sandang dan Rp383.619.200 untuk pasar inpres.

Pengembang pasar dari PT Bangun Jaya Aulia, Alay, membenarkan pihaknya akan menanggung beban PAD atas retribusi pasar selama dilakukan renovasi. Hal ini sudah disetujui dalam berbagai rapat. Diperkirakan, PAD dari pasar pada 2014 dan 2015 juga sebesar target pada 2013.

"Kami sudah sepakat bahwa retribusi selama setahun itu akan ditanggung oleh pengembang, jumlahnya hampir sama dengan target pendapatan retribusi pada 2013," kata Alay. [hus]



Sumber : http://m.inilah.com/read/detail/2058048/bulan-depan-pedagang-di-pasar-sandang-direlokasi

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :