Breaking News

Buper Kiarapayung Rawan Penjambretan

Sumedang – Sejumlah pengunjung di Bumi Perkemahan (Buper) Kiarapayung (Kirpay) Kec. Sukasari, Kab. Sumedang, kini mulai resah menyusul maraknya aksi pejambretan dan pemalakan di lokasi tersebut.


Salah seorang pengunjung Buper Kirpay, Irwansyah (20), warga Desa Hegarmanah, Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang menyatakan, kini di lokasi wisata itu sudah rawan aksi kejahatan. Dengan begitu, banyak pengunjung mengeluhkan rendahnya tingkat keamanan di lokasi itu.


“Buper kini rawan aksi pelaku kriminalitas. Biasanya, pelaku kejahatan itu melakukan pemerasan (memalak) kepada pengunjung dengan alasan upeti atau uang keamanan,” kata Irwansyah, Rabu (18/12).


Bahkan, tambahnya, tidak sedikit pelaku kejahatan yang melakukan aksi perampasan seperti sepeda motor pengunjung. Akibatnya, banyak orang yang enggan datang ke lokasi tersebut.


Didampingi Irma (18), Irwansyah mengaku baru-baru ini mereka sempat melihat sejumlah tersangka pemalakan diamankan anggota Pospol Sukasari Polsek Tanjungsari dan Satpol PP Kecamatan Sukasari. Pelaku pemalakan itu kedapatan meminta uang secara paksa kepada sejumlah pasangan muda-mudi yang sedang bertamasya di wilayah tersebut.


Salah seorang anggota Satpol PP Kecamatan Sukasari, Tatang Rohendi membenarkan bahwa baru-baru ini, Satpol PP dan anggota Pospol Sukasari berhasil meringkus seorang tersangka aksi pemalakan. “Tersangka dan korban pemalakan itu, kita amankan sekaligus diserahkan ke petugas Polsek Tanjungsari,” katanya.


Ia menghimbau pengunjung agar tidak sungkan-sungkan untuk melaporkan berbagai bentuk aksi kejahatan di Buper Kirpay.
(B.115)**(galamedia)