Minggu, 01 Desember 2013

Warta Urang

Kemenpera Bangun 697 Rumah Khusus di Sumedang

   

Sumedang News, Conggeang - Sebanyak 697 rumah khusus (Rusus) di Sakurjaya dan Conggean Kulon, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat dibangun Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera). Untuk pembangunan rusus tersebut, pemerintah mengambil anggaran APBN sebesar Rp 55 miliar.


Menurut Muh Dimyati, Asdep Perencanaan Perumahan Formal Kemenpera, jumlah tersebut merupakan bagian dari yang harus diselesaikan untuk direlokasi sebanyak 4.065 KK yang terkena genangan Waduk Jatigede.


"Pembangunan perumahan tersebut merupakan bentuk sinergitas antar instansi pusat dan daerah," ujar Dimyati,  Sabtu (30/11).


Untuk pembebasan lahan, lanjutnya, dilakukan Ditjen SDA dan KemenPU. Perencanaan kawasan dilakukan PemProv Jawa Barat, pembangunan jalan akses dan Prasarana Dasar Pekerjaan Umumnya dilakukan Kementerian PU melalui Dinas di Provinsi Jawa Barat. Penyediaan listrik dan air oleh Kementerian ESDM melalui Dinasnya di Prov. Jabar, IMB dikeluarkan oleh Pemkab Sumedang, dan pembangunan rumahnya oleh Kemenpera.


"Sedangkan hal-hal lain yang terkait dengan konservasi lahan dan pendukung kehidupan lainnya disiapkan oleh instansi teknis sesuai tugas fungsinya," tambah Dimyati.


Saat ini, rumah khusus yang dibangun dengan harga sekitar Rp 45 juta per unit rumah dengan tipe 36 meter persegi diatas luas lahan 100 meter persegi, telah selesai sekitar 60 persen bangunannya. Targetnya akhir tahun ini atau paling lambat awal tahun depan pembangunannya selesai.


Setiap warga yang direlokasi ke lokasi tersebut nantinya akan memperoleh rumah tipe 36 meterpersegi, dengan pekarangan 100 meterpersegi, serta lahan usaha 300 meterpersegi. Warga yang akan menghuni rumah yang dibangun Kemenpera tersebut, nantinya akan ditetapkan SAMSAT Provinsi Jawa Barat.


"Tahun 2014, Kemenpera telah menganggarkan untuk penyelesaian jumlah rumah yang akan dibangun untuk relokasi akibat dampak sosial waduk Jatigede tersebut sekitar 1200 unit. Namun bisa atau tidaknya dibangun rumah pada 2014 sangat tergantung pada ketersediaan lahan yang clean and clear," pungkasnya. (esy/jpnn)



Sumber : http://www.jpnn.com/read/2013/11/30/203508/Kemenpera-Bangun-697-Rumah-Khusus-di-Sumedang-

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :