Sabtu, 21 Desember 2013

Warta Urang

Di SMPN 8 Sumedang, Ijasah Ditahan Orang Tua Siswa Mengeluh

   

Sumedang, Menjelang  menyelesaikan  sekolah  berbagai  cara  dan trik  dilakukan  hampir  disetiap sekolah  mulai  dari  tingkat  sekolah  dasar (SD), sekolah  tingkat  pertama (SMP), dan sekolah tingkat atas (SMA), Orang  tua siswa  harus  dihadapkan dengan  berbagai  bayaran sekolah mulai dari pengayaan, dan uang  perpisahan, wajib yang harus dibayar oleh orang tua siswa  dalam mengambil  Ijasah  anaknya. Dan kalau tidak dapat menyelesaikan  administrasi  sekolah  dengan  catatan  penahanan  Ijazah.


Padahal  pemerintah  sudah menyediakan  berbagai  kebutuhan dan  fasiltas  dalam  dunia  pendidikan, dengan  mengalokasikan  melalui dana  bantuan operasional  sekolah (BOS), yang  nantinya  tidak  ada  lagi orang tua siswa memikarkan biaya sekolah, dan anak  putus sekolah.


Selain itu  pula ditambah lagi dengan  program  wajib  belajar (wajar) 9  sampai  dengan  12  tahun  yang sudah ditetapkan pemerintah.


Dari informasi  yang  diterima  Indofakta  Online, orang  tua  siswa  mengatakan, saya  merasa keberatan  atas berbagai  pembayaran  yang  dilakukan  disekolahan, meski sudah dirapatkan tapi saya masih keberatan, kalau tidak mengikuti peraturan disekolah dikhawatirkan akan pengaruh terhadap nilai anak saya dan kemungkinan ini  hampir  setiap tahun  terjadi  hal seperti  ini, kini  ijazah  anak  saya  masih  ditahan  disekolahan karena belum dapat  menyelesaikan  uang  pengayaan  dan  perpisahan.  Yang nominalnya  cukup lumayan  lah  pak.


"Jangankan  untuk  melunasi ijasah,  untuk kebutuhan rumah  saja  pas - pasan. Tapi  biarlah  ijazah anak  kami  ditahan dulu nanti  kalau  punya  uang  saya  ambil  ijazahnya. Sangat  disayangkan"  katanya  gratis  tetap  saja  ada pembayaran. Keluhnya yang  identitasnya tidak  mau  tulis.


Sementara keterangan dari pihak sekolah, Wawan, salah satu pegawai sekolah, mengatakan ijazah dapat diambil jika sudah melunasi pembayaran uang pengayaan dan uang perpisahan yang sudah disepakati orang tua siswa, katanya, diruang kerjanya. (suhaya Kuya)



Sumber : http://www.indofakta.com/?read/edu/Di~SMPN~8~Sumedang~Ijasah~Ditahan~Orang~Tua~Siswa~Mengeluh

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :