Sabtu, 16 November 2013

Warta Urang

Pemkab Sumedang Catat 12.423 Keluhan Soal Jatigede

   

[caption id="attachment_1336" align="alignleft" width="300"]jatigede jatigede (sumber:inilah.com)[/caption]

Sumedang News, Jatigede - Peliknya masalah pembangunan Waduk Jatigede, memunculkan banyak keluhan dari masyarakat. Hingga saat ini, Pemkab Sumedang mencatat ada 12.423 poin keluhan yang disampaikan warga kepada pemerintah.

Keluhan-keluhan tersebut awalnya mengemuka saat dilakukan pengawasan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) di daerah genangan Waduk Jatigede. Belasan ribu keluhan ini disampaikan oleh para kepala keluarga yang terdampak pembangunan ini, yaitu sebanyak 4500 Kepala Keluarga.

“Kami mencatat ada 12.423 keluhan atau poin yang disampaikan warga, semuanya sudah kami catat dan pelajari,” kata Kasubag Administrasi Kependudukan dan Pertanahan Sekretariat Daerah Sumedang Khaidir Gumilar, Jumat (15/11/2013).

Untuk mempermudah penanganan keluhan, Pemkab lantas mengkaji dan menginvetarisasi masalah. Hasilnya, pihaknya berhasil memetakan masalah menjadi delapan jenis keluhan, yaitu ganti rugi terlewat, salah ukur luasan, salah klasifikasi, salah subjek penerima tanah, tanah terisolasi, tanah rawan bencana, peningkatan elevasi, dan rumah tumbuh.

Namun, keluhan-keluhan ini belum akan ditindaklanjuti oleh Pemkab Sumedang. Pasalnya, direncanakan akan dibuat forum tripartit yang khusus menangani keluhan ini.

Forum ini bakal terdiri atas Pemkab Sumedang dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, tim hukum dari Satuan Kerja Manunggal Satu Atap (Samsat) Jatigede, dan Badan Pertanahan Nasional.

Pembentukan forum ini ditujukan untuk mempercepat penanganan masalah pembangunan meski sebenarnya Pemkab sedang menunggu turunnya peraturan presiden dalam hal penanganan masalah Wadul Jatigede.

Masalah pembangunan ini kembali mencuat pada 1 Oktober 2013 lalu ketika saat itu direncanakan akan dilakukan uji coba penggenangan waduk. Namun, karena berbagai masalah belum terselesaikan, warga menuntut Pemkab Sumedang untuk menyelesaikannya sesegera mungkin. [hus]



Sumber : http://www.inilahkoran.com/read/detail/2047630/pemkab-sumedang-catat-12423-keluhan-soal-jatigede

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :