Rabu, 14 Agustus 2013

Warta Urang

Gas 3 Kg Langka di Sumedang

   

SUMEDANG- Gas 3 kg kini langka di Sumedang. Kalau pun ada, harganya melambung. Seperti halnya di wilayah Sumedang kota, dari harga normal kisaran Rp 16.000 - Rp 17.000 per tabung, kini melonjak menjadi Rp 20.000 hingga Rp 22.000 per tabung. 

Bahkan di daerah Darmaraja dan sekitarnya, kenaikan harganya fantasis hingga menembus Rp 27.000 per tabung. Kondisi tersebut membuat warga kelimpungan untuk membeli bahan bakar vital bersubsidi itu.

“Yang biasanya di warung (pengecer-red) gas menumpuk, sekarang hanya satu-dua saja. Kalau tidak cepat membeli, bisa langsung habis. Harganya pun mahal. Dari biasanya Rp 16.000-17.000 per tabung, sekarang saya beli Rp 20.000 per tabung. Itu pun susah dapatnya,” ujar Sugianto (39) warga Kampung Bojong RT 02/04, Desa Rancamulya, Kec. Sumedang Utara, Rabu (14/8/2013).

Ia mengatakan, kelangkaan elpiji 3 kg itu sudah berlangsung sejak menjelang sampai pascalebaran ini. Persediaannya susah dicari di warung-warung terdekat. Bahkan dirinya sempat mencari ke pasar. Meski tersedia di pasar, tapi tidak bisa dibeli karena sudah dipesan orang lain.

“Saya jadi dongkol. Tolong pemerintah, segera cek persediaan gas elpji ini jangan sampai langka. Gas elpiji ini kebutuhan vital yang sangat dibutuhkan masyarakat kecil,” tutur Sugianto. 

Di tempat terpisah, Direktur PT Dwiputri Indah Lestari sebagai agen gas 3 kg, Dadang Asmita mengatakan, sulitnya masyarakat mendapatkan elpiji bukan akibat kelangkaan, melainkan permintaan masyarakatnya yang meningkat. Pasalnya, pasokan elpiji dari Pertamina kepada agen tetap berjalan. Bahkan saat ini Pertamina menambah pasokan gas ke agen untuk mengatasi lonjakan permintaan masyarakat menjelang dan pascalebaran. 
 
Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/246583

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :