Sabtu, 13 Juli 2013

Warta Urang

PKL Kuasai Taman Endog

   

SUMEDANG - Pada bulan Ramadan ini, ratusan pedagang kaki lima (PKL) menguasai kawasan parkir Taman Endog di wilayah Sumedang Kota. Kondisi itu menimbulkan kesemrawutan dan mengganggu ketertiban umum.

"Ini benar-benar parah. Karena di dalam sudah tidak ada tempat kosong untuk parkir. Semua penuh sesak oleh PKL," ujar H. Yosep, yang ditemui tengah berusaha memutar arah di sekitar kawasan parkir Taman Endog, Jumat (12/7).

Menurutnya, keberadaan PKL di kawasan parkir tersebut sebenarnya tidak terasa aneh. Pasalnya, pemandangan seperti itu sudah biasa terjadi pada hari-hari sebelumnya. "Dari dulu sudah biasa PKL menempati kawasan parkir. Hanya saja kondisinya tidak separah di bulan Ramadan," ungkapnya.

Diduga penyerobotan kawasan parkir oleh PKL karena ada pihak yang diuntungkan. Dugaan itu tidaklah berlebihan. Apalagi setelah beberapa orang PKL yang dimintai keterangan, mengaku tidak gratis untuk bisa menempat lahan tersebut.

"Memang tidak mudah untuk bisa berjualan di dalam (kawasan parkir, red). Karena sebelumnya, kita harus berkoordinasi dulu dengan seseorang. Selanjutnya setelah ada kesepakatan, setiap PKL yang mau berjualan di dalam harus membayar, istilahnya uang sewa lapak. Jadi intinya untuk bisa berjualan di sini tidak gratis," ucap salah seorang PKL, Id (34).

Sementara itu, saat disinggung siapa yang dimaksud "seseorang" yang dianggap berkuasa untuk mengatur sewa lapak di kawasan parkir, ia enggan untuk menjawab. Demikian pula saat ditanya berapa besaran uang sewa yang harus mereka bayar. Pasalnya, ia dan sejumlah PKL lainnya sudah diwanti-wanti, bahkan diancam tidak akan pernah diberi kesempatan untuk berjualan di dalam, apabila tidak bisa menjaga rahasia yang bersangkutan.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/pkl-kuasai-taman-endog

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :