Sabtu, 13 Juli 2013

Warta Urang

Bulan Puasa, Pedagang Kurma Marema

   

SUMEDANG -  Setiap memasuki bulan Ramadan hampir semua pedagang makanan pasti mengalami masa marema, apalagi kalau makanan yang dijualnya itu merupakan sajian khas untuk berbuka puasa. Tentunya bakal menjadi target utama yang paling dicari oleh para pembeli.

Seperti halnya yang dialami para pedagang kurma di kawasan Taman Telor atau Pasar Inpres Sumedang ko­ta. Selama hampir lima hari Ramadan mereka berjualan di kawasan itu, para pedagang kurma ini ternyata sudah mampu menyisihkan para pedagang makanan lain yang sama-sama berju­alan di kawasan tersebut.
Padahal jika dilihat dari harga, har­ga penjualan kurma itu sendiri saat ini justru tergolong mahal dibanding jajanan lain, yakni masih dalam kisaran harga Rp 30.000 hingga Rp 40.000 per kg untuk kurma jenis biasa.
Seperti yang diakui, Endang Kosa­sih (42) salah seorang pedagang kur­ma di sekitar pintu masuk Pasar In­pres Sumedang, Jumat (12/7). Menu­rut Endang, meski saat ini harga kur­ma masih terbilang mahal, namun ting­ginya harga tersebut ternyata sedi­kit pun tidak menyurutkan niat para pembeli untuk membeli kurma da­gang­annya. “Buktinya dalam lima hari saja, sa­ya sudah mampu menjual kurma ham­pir 2 kuintal. Pokoknya sejak munggahan, saya rata-rata mampu menjual kurma sekitar 40 kg per ha­ri,” katanya.

Karena banyaknya permintaan se­perti itu, tidak heran jika akhirnya dia sering kehabisan stok kurma, sampai-sampai harus sering meminta dikirim lagi tambahan pasokan kurmanya.

“Nya Alhamudulillah sakieu mah rame keneh peminat kurma teh. Nya pami dibanding-banding sareng kapungkur mah tangtos ramean keneh kapungkur,” ujarnya, seraya menambahkan, dia sudah biasa berjualan kurma pada bulan Ramadan itu sejak tahun 2000 silam. 

Sumber : http://www.kabar-priangan.com/news/detail/9929

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :