Senin, 22 Juli 2013

Warta Urang

114 SLTA di Sumedang Mendapatkan Biaya Sekolah Gratis

   

SUMEDANG - Sebanyak 114 sekolah tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA), tahun ini akan mendapatkan program biaya sekolah gratis. Ke-114 sekolah itu, masing-masing SMA sebanyak 26 sekolah, SMK 69 sekolah dan MA (Madrasah Aliyah) 19 sekolah.

“Program biaya sekolah gratis bagi SLTA ini, secara universal dilatarbelakangi amanat undang-undang bahwa pemerintah harus memberikan perluasan dan tempat pendidikan yang berkualitas dan terjangkau. Selain itu, upaya mengimplementasikan visi, misi serta program Bupati dan Wabup Sumedang yang baru, H. Endang Sukandar dan H. Ade Irawan,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kab. Sumedang, Drs. Herman Suryatman, M.Si., ketika dihubungi di Sumedang, Minggu (21/7/13).

Menurut dia, semua biaya sekolah SLTA, disubsidi oleh Pemkab Sumedang dan dibantu anggaran pemerintah pusat serta provinsi. Biaya sekolah yang disubsidi sebesar Rp 1,4 juta per siswa per tahun atau Rp 116.000 per siswa per bulan. Dari biaya Rp 1,4 juta itu, masing-masing disubsidi dari APBD Kab. Sumedang Rp 1 juta, dan anggaran pusat serta provinsi masing-masing Rp 200.000.

“Bagi sekolah yang biaya siswa per bulannya di bawah atau sama dengan Rp 116.000, bisa langsung digratiskan. Akan tetapi, jika di atas Rp 116.000, pihak sekolah bisa memungut sisanya kepada orang tua siswa. Meski harus memungut, tapi nilai pungutannya jauh lebih kecil dibanding sebelumnya,” ujar Herman.
Lebih jauh ia menjelaskan, program biaya sekolah SLTA gratis tersebut, diberlakukan semester dua tahun ini, mulai Juli sampai Desember. Melalui program tersebut, Kab. Sumedang menjadi daerah kelima di Jabar yang sudah menggratiskan biaya sekolah SLTA. Kabupaten/kota lainnya, yakni Kab. Cirebon, Purwakarta, Karawang dan Kota Banjar.

“Khusus untuk sekolah MA, teknisnya akan dilaksanakan oleh Kemenag Kab. Sumedang. Walaupun pengelolaan dan pengaturan sekolah MA tanggungjawab dan kewenangan Kemenag, namun para siswanya kan warga Sumedang sehingga perlu mendapatkan hak yang sama,” tuturnya.

Ditanya kemampuan anggaran APBD Kab. Sumedang untuk membiayai program sekolah SLTA gratis, Herman mengatakan, setelah berkoordinasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) serta Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkab Sumedang, penganggarannya dinilai tidak ada masalah. Kebutuhan anggaran per tahun diperkirakan mencapai Rp 6,4 miliar. “Untuk masalah fiskal, tidak ada masalah. Kita akan menyampaikan langsung kepada Pak Bupati,” ujarnya.
 
Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/243668

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :