Kamis, 20 Juni 2013

Warta Urang

Benda Purbakala 4 Provinsi Dipamerkan di Sumedang

   

Sumedang - Lebih dari 50 koleksi kepurbakalaan dari empat provinsi dipamerkan di Gedung Islamic Center Sumedang, pada Pameran Kepurbakalaan dalam Memperingati HUT ke-100 Lembaga Kepurbakalaan di Indonesia, Kamis (20/6/2013).

Koleksi-koleksi seperti arkeologi air, arca, bangunan bersejarah, dan candi-candi ditampilkan dalam berbagai bentuk seperti foto, miniatur, replika, gambar, atau bahkan benda aslinya. Koleksi kepurbakalaan dari Provinsi Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Lampung ini dihadirkan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Serang (BPCBS) sebagai penyelenggara.

Koleksi kepurbakalaan dari Sumedang ditampilkan di bagian depan ketika memasuki ruangan lantai II Islamic Center ini. Berderet, foto-foto seperti monumen Lingga dari masa kemasa, Masjid Agung Sumedang, dan proses pemugaran gedung negara dipajang. Melihat gambar-gambar ini, seolah kita baru saja didongengkan sebuah cerita Sumedang dari pertama kali terbentuk hingga saat ini.

“Foto-fotonya tersusun rapi komplet dengan informasinya, jadinya kita seolah baru saja didongengkan sejarah Sumedang, menarik dan menyenagkan,” kata Giska Aurora (16), salah seorang pelajar SMA yang berkunjung ke pameran ini, Kamis (20/6/2013).

Selain Sumedang, kota dan kabupaten lainnya di Jawa Barat juga mempunyai kepurbakalaan yang patut diketahui pengunjung. Koleksi kepurbakalaan lainnya dari tiga provinsi juga sayang untuk dilewatkan.

Kepala BPCBS Yudi Wahyudin mengatakan, pameran ini dilaksanakan satu tahun sekali yang bertempat di kota atau kabupaten di empat wilayah kerja balai ini, yaitu Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Lampung.

Pameran yang akan diadakan selama dua hari ini merupakan uji coba sebelum nanti balai akan mengajukan kerja sama dengan Pemkab Sumedang untuk mengadakan pameran kepurbakalaan yang lebih besar, meriah, dan berkonsep.

“Ini diselenggarakan selama dua hari saja sebagai uji dulu, karena kami akan melihat respons masyarakat dan pemerintah lalu kami akan mencari momen terbaik untuk penyelenggaraan pameran selanjutnya, tentunya jika Pemkab Sumedang pun berminat,” kata Yudi.

Sumber : http://m.inilahkoran.com/read/detail/2001888/benda-purbakala-4-provinsi-dipamerkan-di-sumedang

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :