Sabtu, 11 Mei 2013

Warta Urang

Sukamantri Dinilai Tim Lomba Desa Provinsi

   

Sukamantri Dinilai Tim Lomba Desa Provinsi
Sumednag News, Tanjungkerta, (KP).- Delapan orang tim penilai dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang diketuai Bambang Susanto, melakukan penilaian terhadap Desa Sukamantri Kecamatan Tanjungkerta, yang menjadi salah satu peserta Lomba Desa Tingkat Provinsi Jawa Barat, Jumat (10/5).

Selain disambut oleh warga bersama pemerintahan desa dan kecamatan setempat, kedatangan tim penilai itu pun disambut baik juga Plt. Sekda Sumedang, Zaenal Alimin, di lokasi penilaian.

Seperti diketahui, lomba desa itu sendiri merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mendorong peran serta warga dalam membangunan daerahnya secara swadaya, sekaligus untuk mengevaluasi setiap keberhasilan dari usaha-usaha yang telah dilakukan warga untuk kemajuan desanya.

Menurut Zaenal Alimin, lomba desa ini merupakan sebuah bentuk apresiasi dari Pemerintah untuk mengangkat keberhasilan sebuah desa. Me­nurutnya, selain akan menjadi motivasi bagi warga untuk dapat bersama-sama memajukan daerahnya, kegiatan lomba ini pun sangat ber­po­tensi dijadikan sarana untuk me­ngangkat keberhasilan desa agar bisa dikenal ke luar daerah.

“Kami berharap Desa Su­kamantri ini bisa menjadi juara desa di tingkat Provinsi,” katanya. Sebab jika desa ini menjadi juara, secara otomatis de­sa bersangkutan akan ma­suk pada daftar desa yang ba­kal mendapat program Desa Man­diri Menuju Desa Pera­da­ban.

Namun demikian, inti dari kegiatan ini tiada lain untuk memotivasi pemerintah desa agar bisa lebih meningkatan kinerjanya dalam memberikan pelayanan terhadap warga, sekaligus dimaksudkan juga untuk merangsang partisipasi warga dalam pembangunan.

Sementara menurut ke­te­ra­ngan dari Tim Penilai Provinsi, mereka akan mela­kukan penilaian itu sesuai dengan ketentuan Kemen­terian Dalam Negeri, yakni akan mengacu pada delapan indikator penilaian, masing-masing, pendi­di­kan, kesehatan masya­ra­kat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi mas­ya­rakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan, serta pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Sumber : http://www.kabar-priangan.com/news/detail/9374

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :