Kamis, 16 Mei 2013

Warta Urang

Keberadaan Sumedang Sangat Strategis Bagi Provinsi Jabar

   

Keberadaan Sumedang Sangat Strategis Bagi Provinsi Jabar
KEPALA Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Drs. Nunung Sobari M.M., saat menggunting pita menandai dibukanya rangkaian kegiatan Pesona Budaya Jawa Barat yang menampilkan potensi seni budaya Kabupaten Jawa Barat di Taman Budaya Jawa Barat (Dago Tea House), Kamis (16/5/2013)
BANDUNG,(PRLM).-Dalam peta sejarah dan budaya, keberadaan Kabupaten Sumedang memiliki posisi sangat strategis bagi Provinsi Jawa Barat. 

Selain memiliki banyak ragam seni budaya dan adat istiadat yang harus dilestarikan agar lebih menarik dibutuhkan inovasi dan kreatifitas agar menarik dinikmati.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Drs. Nunung Sobari, M.M., dalam sambutannya pada pembukaan Pesona Budaya Jawa Barat, Kamis (16/5/2013). 

“Kekayaan seni budaya Kabupaten Sumedang sejak masa kerajaan Sumedang Larang (900-1606) hingga sekarang masih terjaga dengan baik,” ujar Nunung Sobari.

Namun terjaganya seni budaya warisan, menurut Nunung bukan berarti generasi sekarang tidak boleh melakukan perubahan dan menggantinya dengan yang baru. 

“Seni budaya tradisi harus menjadi pijakan, karena akar tradisi masih sangat relevan dengan kondisi kekinian, karenanya dibutuhkan inovasi dan kreatifitas agar bisa dinikmati dalam alam kekinian,” ujar Nunung.

Karenanya, melalui Pesona Budaya Jawa Barat, yang sejak awal dan menjadi agenda tahunan diselenggarakan menampilkan seni budaya setiap kota dan kabupaten di Jawa Barat, diharapkan mampu mengangkat potensi seni budaya.

“Apalagi saat sekarang ini dimana seni budaya diharapkan mampu menjadi bagian dari ekonomi kreatif, upaya-upaya perubahan dalam seni budaya diperlukan inovasi dan kreatifitas,” ujar Nunung, yang beraharap potensi seni budaya yang ditampilkan Kabupaten Sumedang hingga Sabtu (18/5) diapresiasi masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya.
 
Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/235121

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :