Jumat, 03 Mei 2013

Warta Urang

192 Bakal Caleg Belum Ikuti Tes Rohani

   

kab. Sumedang
Sumedang – Memasuki pekan ketiga pelaksanaan tes rohani di RSUD Sumedang, baru 360 bakal calon anggota legislatif saja yang mengikutinya. Artinya, masih ada 192 bakal caleg yang belum mengikuti psikotes ini.

Padahal, tes rohani merupakan sebagai salah satu tahapan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan surat keterangan sehat dan jasmani. Masih banyaknya caleg yang belum mengikuti tes ini membuat pihak RSUD harus menyediakan waktu dan ruang lebih lama lagi.

“Memang masih banyak bakal caleg yang belum melakukan psikotes untuk melengkapi syarat tes kesehatan jasmani dan rohani. Kami sudah mengeceknya ke pihak pelaksana tes,” kata Ketua KPU Sumedang Asep Kurnia saat melakukan monitoring pelaksanaan tes kerohanian di Gedung Rawat Jalan RSUD Sumedang, Kamis (2/5).

Karena itu, menurut Asep, pihaknya akan mengumumkan lagi jadwal tes rohani dan jasmani ke seluruh partai peserta pemilu. “Nanti kami coba akan sosialisasikan dan diinformasikan lebih intensif lagi tahapan ini ke semua parpol agar bakal calegnya segera mengikuti tes,” kata Asep.

Sementara itu, psikolog Atu Siti Fitriannie mengatakan, setiap hari hanya ada beberapa caleg yang datang. Meski begitu, pihaknya sempat juga didatangi puluhan caleg yang sudah dikoordinasi oleh partainya masing-masing. Atu berharap, tes ini diikuti dengan baik dan segera diikuti agar hasil tes segera keluar.

Atu menyampaikan, tes yang dilakukan sangat sederhana. Bakal caleg hanya diminta menggambar saja. “Cuma satu soal saja, soalnya diminta untuk menggambar saja, waktu yang diberikan 15 menit untuk setiap peserta,” kata Atu.

Atu menjelaskan, hasil tes ini selanjutnya akan diperiksa. Jika ada peserta yang menunjukkan hasil tes menyimpang atau aneh, pihaknya akan melakukan tes wawancara. Jika hasil wawancara masih menunjukkan hasil yang aneh, maka akan dilakukan tes MPPI (Minnesota Multiphasic Personality Disorder), yaitu tes untuk mengetahui kepribadian seseorang.

“Kalau ada yang kelihatan aneh maka ada tahapan tes selanjutnya. Tapi, hingga hari ini belum ada yang aneh, semoga saja tidak ada,” kata Atu.

Sumber : http://m.inilah.com/read/detail/1985127/192-bakal-caleg-belum-ikuti-tes-rohani

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :