Breaking News

Wisata Eksotis 5 Curug di Sumedang Jawa Barat

Bagi anda yang bingung untuk mengisi liburan akhir pekan atau liburan sekolah, gak ada salahnya kalo kita berkunjung kesalahs atu tempat wisata Curug yang ada di Sumedang Jawa Barat. Disana bisa merasakan kesejukan alam pegunungan dan kejernihan air yang ada di Curug ini. Selain arsitekturnya yang membuat kita kagum akan kebesaran sang pencipta, curug juga merupakan indikator alami kelestarian suatu lingkungan. Berikut 5 (lima) curug yang wajib kalian kunjungi saat berada di Sumedang

1. Curug Cipongkor

Curug Cipongkor


Curug ini berada di Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, sebuah curug bertipe tunggal, pernah dengar Angel Falls? Nah, mirip-mirip itu. Untuk menuju lokasi curug ini kita cukup turun tepat di seberang SPBU Ciherang, sebelum Tugu Selamat Datang Kota Sumedang jika dari arah Bandung. Dari sini (pinggir jalan raya) anda tinggal menanyakan kepada warga sekitar lokasi curug tersebut.
2. Curug Cigorobog
Curug Cigorobog
 
Lokasi Curug Cigorobog berada di Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan. Sebuah curug tipe ganda atau berundak yang sangat indah. Wisatawan yang ingin menuju lokasi curug ini, checkpoint-nya bisa dari alun-alun Sumedang. Dari sini anda bisa bertanya ke tukang ojek yang banyak mangkal di sekitar alun-alun untuk mengantar anda ke lokasi. 
3. Curug Cinulang
Curug Cinulang
 

Curug Cinulang merupakan air terjun tipe kembar, mempunyai dua air terjun yang ketinggiannya hampir sama, sekitar 50 m.  Lokasinya ada di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, sekaligus menjadi wilayah perbatasan alami antara Kab. Sumedang dengan Kab. Bandung. Untuk menuju lokasi curug ini, dari jalan raya Bandung – Garut (Rancaekek) sampai Km ke 11 terdapat papan petunjuk arah (di sebelah kiri) yang menginformasikan lokasi Curug Cinulang, dan berjarak 2,5 Km ke arah timur dari papan petunjuk arah. Jika masih bingung, tanya GPS (Gunakan Penduduk Setempat)
4. Curug Ciputrawangi
Curug Ciputrawangi
 
Curug Ciputrawangi terletak di Desa Narimbang, Kecamatan Conggeang juga termasuk kedalam kawasan TWA (Taman Wisata Alam) Gunung Tampomas. Jika mau, dari curug ini ada jalur untuk menuju puncak Tampomas.

5. Curug Sabuk

Curug Sabuk
 
Disadur dari laman Sumedang Daily Photo, Curug Sabuk merupakan salah satu objek wisata alam di Kab. Sumedang yang bisa dikatakan masih jarang dikunjungi. Terletak disekitar Taman Buru Gunung Masigit dan kawasan Gunung Kareumbi. Lokasinya yang berada jauh di dalam hutan menjadikan tantangan tersendiri sebelum anda menemukan curug ini. Kita juga bisa mendirikan tenda untuk merasakan sensasi malam hari di sekitar curug.

Bagi anda yang ingin mengunjungi Curug Sabuk untuk pertama kali, lebih baik menyewa guide dari penduduk lokal. Checkpoint-nya, lagi-lagi, bisa dari alun-alun Sumedang lalu tanyakan lokasi Makam Cut Nyak Dien, nah, dari sini anda bisa minta antar tukang ojeg (lagi) menuju Curug Sabuk di daerah Nangorak.

sumber : http://www.inposmd.com/2012/11/5-curug-air-terjun-eksotis-di-sumedang.html