Sabtu, 06 April 2013

Warta Urang

WADUK JATIGEDE: Jabar Siapkan Lahan Relokasi di 5 Desa

   

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan turut membantu untuk menyiapkan dan melakukan pematangan lahan bagi warga terdampak Waduk Jatigede, Sumedang yang harus direlokasi.
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan di lahan relokasi nanti paling tidak harus ada 1988 rumah yang dibangun bagi warga terdampak.
“Lokasinya tersebar di lima desa di Sumedang, nanti dana untuk membangun rumah oleh Kemenpera. Kita bantu sebagian pematangan,” katanya.

Selain itu Samsat Gedebage menurutnya akan segera mengedepankan dialog bersama masyarakat untuk mempercepat kesediaan direlokasi dan diberikan ganti rugi.

Menurut Heryawan, relokasi jika tidak bisa dilakukan seluruhnya tahun ini bisa dilakukan secara bertahap pada 2014. “Masyarakat [Jatigede] hanya butuh kepastian saja dari pemerintah,” katanya.

Kepala Dinas Permukiman dan Perumahan Jabar Eddy M Nasution mengatakan untuk relokasi dan pembangunan rumah 1988 warga, Kemenpera tahun ini mengalokasikan dana sebesar Rp175 miliar.
Dana itu menurutnya sudah bisa mengcover relokasi 697 kepala keluarga. “Dana itu diharapkannya untuk 1988 kepala keluarga tapi kelihatannya tidak akan cukup,” katanya.

Eddy juga belum bisa memastikan apakah target relokasi bisa selesai hingga akhir tahun ini mengingat waktu penggenangan ditargetkan pada September 2013.

Data Pemkab Sumedang mencatat, lokasi proyek pembangunan Waduk Jatigede merupakan bagian wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung mencakup daerah aliran sungai Kabupaten Garut, Sumedang, Majalengka, Cirebon, Indramayu, Kuningan serta Brebes Jawa Tengah.
Waduk Jatigede terletak di Kampung Jatigede Kulon Desa Cijeungjing Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang. Adapun lahan yang dibutuhkan seluas 4.891,13 hektar yang meliputi 5 (lima) kecamatan atau 26 (dua puluh enam) desa.
 
Sumber : http://www.bisnis-jabar.com/index.php/berita/waduk-jatigede-jabar-siapkan-lahan-relokasi-di-5-desa?utm_source=front&utm_medium=box&utm_campaign=bisnis_ekonomi

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :