Senin, 22 April 2013

Warta Urang

Sumedang Bisa Menjadi Seluas Kecamatan

   

SUMEDANG  - Luas wilayah Kabupaten Sumedang diperkirakan akan terus menyusut. Bahkan tidak tertutup kemungkinan luasnya nanti hanya cukup untuk sebuah  kecamatan.

Sumedang yang Senin, 22 April ini genap berusia 435 tahun awalnya adalah sebuah kerajaan yang luas, sebagai penerus kerajaan Pajajaran. Luas Sumedang yang dulu dikenal sebagai Sumedang Larang itu meliputi hampir seluruh wilayah tatar Sunda, kecuali Kasultanan Cirebon, Banten dan Sunda Kalapa. Batas wilayahnya mencakup sebelah barat Sungai  Cisadane, timur Sungai  Cipamali, dari utara dibatasi Laut Jawa dan selatan Samudera Hindia.

Tanggal 22 April 1578 Masehi, Sumedang menjadi penerus Pajajaran, ditandai dengan diserahkannya mustika Binokasih sebagai lambang kerajaan dan kejayaan Pajajaran dari Prabu Siliwangi ke Prabu Geusan Ulun.

Namun, Sumedang Larang kemudian mengalami kehancuran ketika hegemoni VOC dan Mataram yang menjajah tatar Pasundan. Saat ini luas Sumedang hanya 1.552,20 km persegi.

Luas itu ditaksir akan terus menyusut jika Waduk Jatigede seluas 4 ribuan hektare mulai ditenggelamkan. Belum lagi dibangunnya Jalan Tol Cisumdawu, akan membelah Sumedang dan melingkari Gunung Tampomas.

Selain itu, Cimanggung dan Jatinangor kerap merasa dianaktirikan dalam pembangunan. Padahal kedua daerah ini sebagai penghasil pendapatan asli daerah (PAD) paling besar untuk Sumedang. Kedua daerah di perbatasan kerap melontarkan akan memisahkan diri dan bergabung dengan Bandung Timur.

Hal lain yang juga potensial membuat wilayah Sumedang menyusut adalah pengembangan wilayah di Ujungjaya dengan lapangan terbang internasionalnya yang ada di Kertajati, Majalengka. Ketua Hari Jadi Sumedang, Herman Suryatman mengatakan semua ancaman itu harus menjadi peluang.

"Makanya tema Sumedang sekarang ini adalah Sumedang Motekar, ancaman itu harus diubah menjadi peluang dan itu harus motekar sehingga semua itu menjadi peluang dan Sumedang semakin maju," katanya.
Kemarin, untuk pertama kalinya sidang paripurna istimewa DPRD untuk memperingati hari jadi ke 435 Sumedang digelar di pendopo Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Kabupaten Sumedang,. Biasanya puncak acara ini dilakukan digelar di Gedung Negara.

"Ini pertama kalinya memang digelar di Pendopo IPP, kami ingin memperkenalkan gedung pemerintahan yang baru. Selain itu tempatnya juga sangat representatif," kata Herman Suryatman, Ketua Panitia Hari Jadi Sumedang di Balai Wartawan, kemarin.

Sumber : http://www.tribunnews.com/2013/04/22/sumedang-bisa-menjadi-seluas-kecamatan

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :