Minggu, 21 April 2013

Warta Urang

Naskah Soal UN Sudah Didistribusikan ke Sub Rayon

   

SUMEDANG, (PRLM).- Paket naskah soal dan lembar jawaban Ujian Nasional (UN) SMP dan sederajat dari Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP) di Jakarta, sudah diterima Rayon UN Kab. Sumedang di kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kab. Sumedang, Minggu (21/4/2013). Paket naskah soal dan lembar jawaban UN itu, langsung didistribusikan kepada Sub Rayon (SR) di sejumlah sekolah SMP. Setelah dari SR, selanjutnya didistribusikan lagi ke semua sekolah untuk pelaksanaan UN SMP dan sederajat mulai Senin (22/4) hingga Kamis (25/4). Untuk jadwal susulannya, dari tanggal 29 April sampai 2 Mei.

“Paket naskahnya, sudah kita terima tadi pagi pukul 7.15 WIB. Setelah itu, kita distribusikan lagi ke setiap SR. Tadi saya sudah mengecek langsung ke lapangan, paket naskah UN sudah ada di setiap SR. Dalam proses pendistribusiannya, alhamdulillah berjalan lancar,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kab. Sumedang, Drs. Herman Suryatman, M.Si., di Sumedang, Minggu (21/4/2013). 

Ia menyebutkan, paket naskah soal dan lembar jawaban UN SMP dan sederajat, masing-masing didistribusikan ke SR 1 di SMP 1 Tanjungsari sebanyak 117 dus, SR 2 di SMPN 3 Sumedang 51 dus, SR 3 di SMPN 1 Cimalaka 96 dus dan SR 4 di SMPN 1 Darmaraja sebanyak 66 dus. Sedangkan untuk SR Madrasah Tsanawiyah (MTs), masing-masing SR 1 di MTs Ujungjaya sebanyak 36 dus, SR 2 di MTs Cimalaka 51 dus, dan SR 3 di MTs Situraja 48 dus. “Untuk paket naskah kejar paket B, ada 78 dus yang tersebar di SR 1 sampai 4. Sedangkan paket naskah untuk SMPLB (SMP Luar Biasa), ada 1 dus sudah didistribusikan ke SLB Negeri Cimalaka,” tutur Herman. 

Dikatakan, jumlah siswa/siswi peserta UN SMP dan sederajat di Kab. Sumedang, masing-masing SMP sebanyak 13.361 siswa, MTs 2.958 siswa dan SMPT (SMP Terbuka) 275 siswa. Ribuan peserta UN SMP dan sederajat, serempak akan melaksanakan UN mulai Senin (22/4). Bagi peserta yang sakit, bisa mengikuti UN susulan dari tanggal 29 April sampai 2 Mei. “Terkait kelulusannya, hasil proses UN dan US (Ujian Sekolah). Target kelulusannya, ya ditargetkan lulus semuanya atau 100 persen lulus,” ujarnya. 

Lebih jauh Herman menjelaskan, guna mengantisipasi kebocoran soal, pendistribusian paket naskah soal dan lembar jawaban langsung dibawa oleh pengawas yang dikawal oleh polisi. Begitu pula ketika pendistribusian ke setiap sekolah. Bahkan pengawalan polisi, berlangsung sampai naskah soal dan lembar ujiannya diserahkan kembali ke BNSP di Jakarta. 

“Upaya lainnya untuk menghindari kebocoran soal, semua peserta dilarang membawa barang-barang elektronik dan alat komunikasi, utamanya handphone. Bahkan 20 siswa peserta UN di ruang ujian, semua soalnya berbeda-beda. Selain itu juga, paket soal dan lembar jawabannya ada barkodenya. Sangat ketatnya pengawasan UN, diyakini pelaksanaan UN SMP dan sederajat di Sumedang tidak akan ada kebocoran soal,” tuturnya.


Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/231936

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :