Jumat, 05 April 2013

Warta Urang

Butuh Dana Rp 149 M, Untuk Bangun Lingkar Selatan

   

Sumedang - Pemkab Sumedang membutuhkan dana sebanyak Rp 149 miliar untuk membangun jalan lingkar selatan. Jalan ini dibangun untuk mengurangi jumlah kendaraan yang melintas ke daerah kota Sumedang.

Jalan lingkar selatan yang sudah ditunggu-tunggu warga ini akan dimulai dari wilayah Rancamulya, Sumedang Utara, sampai dengan Pasanggrahan, Sumedang Selatan.

Rencana pengadaan lahan untuk ppembangunan jalan akan dialokasikan tahun 2014 mendatang.

"Pemkab butuh dana Rp 149, 7 miliar tepatnya untuk membangun jalan lingkar selatan ini. Jumlah kebutuhan biaya ini diketahui setelah dilakukan Detail Engineering Design (DED) jalan lingkar selatan yang sudah diresume dan direview," kata Kepala Dinas PP Sudjatmoko, Jumat (5/4/2013).

Menurut Sudajtmoko, biaya itu digunakan untuk pembangunan fisik jalan, pembebasan lahan, bangunan dan perumahan penduduk. Panjang jalan lingkar selatan direncanakan 8.792 meter atau 8,8 Km. Sedangkan pembebasan dihitung Rp 18.941 per meter sesuainya dengan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) dan Rp. 68.870 per meter jika dihitung harga pasaran. Untuk pembebasan bangunan Rp 10.591 permeter.

"Biaya ini sudah merupakan perhitungan riil dan hasil resume DED tahun 2012," kata Sudjatmoko.

Namun, dana ini akan berubah bila dikerjakan tahun 2014 nanti karena ada perubahan harga material dalam satu atau dua tahun mendatang.

Sudjatmoko juga mengatakan, dana yang akan dipergunakan untuk pengadaan dan pembebasan lahan disesuaikan dengan NJOP setempat.

Selain itu, jalan lingkar selatan yang akan dibangun dengan lebar jalan 30 meter ini nantinya akan dibagi dua lajur atau dua arah, yaitu arah dari Bandung ke Sumedang atau tepatnya menuju ke Kecamatan Situraja dan arah Sumedang-Bandung.

Kebutuhan biaya ini harus disediakan dari APBD Sumedang dengan bantuan dari provinsi dan bantuan pusat.

"Semoga saja anggaran untuk pembebasan lahan bangunan bersumber dari anggaran murni APBD Sumedang 2014 mendatang, sehingga pengadaan tanah langsung ditindaklanjuti dengan pembangunan fisik.

Pembangunan jalan lingkar selatan ini sudah lama ditunggu-tunggu oleh masyarakat karena selain untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan kendaraan di wilayah kota juga sebagai upaya perluasan wilayah kota Sumedang. Hal ini akan berimbas pada peningkatkan ekonomi masyarakat dan peningkatkan harga jual tanah dan bangunan sekaligus meningkatkan PAD untuk kepentingan pembangunan di daerah.

Sumber : http://www.inilahkoran.com/read/detail/1974816/butuh-rp-149-m-lingkar-selatan-dibangun-2014

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :