Sabtu, 27 April 2013

Warta Urang

Atasi Banjir Rancaekek, Gubernur Datangi Kahatex

   

Atasi Banjir Rancaekek, Gubernur Datangi Kahatex
Sumedang News, Rancaekek - Setelah macet selama 12 jam akibat banjir pada pekan lalu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan langsung mendapatkan intruksi dari Menteri PU Joko Kirmanto untuk mengatasi masalah tersebut. Intruksi tersebut langsung disikapi dengan melakukan kunjungan ke Jalan Raya Rancaekek atau tepatnya ke lokasi pusat kemacetan di depan Pabrik Kahatex, Jumat (26/4/2013) sore.

Kunjungan gubernur pada pukul 17.00 ini dimulai dengan pertemuan bersama beberapa pihak. Yakni pimpinan PT Kahatex, Kepala BBWS Citarum, Kepala Dinas PU Sumedang, Kapolres Sumedang, Kapolres Bandung, dan pihak-pihak lainnya yang terkait penyebab kemacetan.

"Saya kesini menjalankan intruksi dari Menteri PU yang meminta saya untuk mengatasi kemacetan ini, terutama akibat banjir pada pekan lalu," kata Heryawan.

Usai pertemuan yang berlangsung sekitar 30 menit, Heryawan langsung meninjau sungai Cikijing yang menjadi salah satu penyebab banjir hingga menyebabkan kemacetan.

Sungai Cikijing yang merupakan anak sungai Citarum ini berada di sebagian halaman Kahatex. Gubernur bersama Dirut Kahatex, Harja Haruman melihat aliran sungai Cikijing yang berada di bagian depan halaman Kahatex.

"Sungai ini seharusnya tidak ditutup atau disodet seperti ini karena ini bisa menjadi penyempitan sungai dan air mudah meluap ke tempat lain yaitu ke jalan raya," kata Heryawan kepada manajemen Kahatex yang segera mengintruksikan untuk berkonsultasi dengan dinas terkait untuk menanganai luapan sungai Cikijing tanpa melakukan penutupan sungai dan mengalihkan air ke lokasi lain.

Sekitar 30 menit, gubernur berbincang dengan manajemen Kahatex, dia lalu menyebutkan saat ini Sungai Cikijing sedang dilakukan normalisasi oleh pemerintah pusat bersama anak sungai lainnya yang merupakan anak sungai Citarum. Dana yang dikerahkan untuk normalisasi sungai Citarum sebesar Rp1,3 triliun yang dikucurkan dalam tiga tahun mulai 2011 sampai 2013.

"Nah, Kahatex bisa berkoordinasi dengan BBWS Citarum untuk menormalisasi sungai agar luapan banjir tidak meluas dan terus menerus terjadi," tambahnya.

Banjir yang disebabkan tidak normalnya sungai Cikijing dan Cimande di sekitar kawasan industri di Cimanggung ini sering mengakibatkan kamcetan parah. Penyebab kemacetan ditambah dengan penuhnya lokasi seputar Kahatex dengan puluhan ribu buruh dan ratusan kendaraan setiam jam yang melintas jalan raya Rancaekek ini.

Sumber : m.inilah.com/read/detail/1982911/atasi-banjir-rancaekek-gubernur-datangi-kahatex

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :