Breaking News

Wujudkan 9 Prioritas, Sumedang Butuh Rp180 Miliar

Sumedang News, Sumedang - Pemkab Sumedang telah menyusun berbagai rencana pembangunan untuk lima tahu kedepan melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Rencana pembangunan yang disusun bertujuan mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah dan pemerataan pembangunan berbasis penguatan infrastruktur.

"Tahun 2014 adalah tahun pertama RPJMD tahap tiga. Pemkab sudah menyusun banyak rencana pembangunan dan telah ditetapkan ada sembilan bidikan prioritas," kata Kepala Bappeda Sumedang, Eka Setiawan dalam acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Integritas Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2013 di Kantor Pemkab Sumedang, Kamis (14/3/2013).

Dari hasil musrenbang tingkat kecamatan dan SKPD yang sudah dilaksanakan dalam waktu satu bulan ini, Bappeda merekap sementara bidikan prioritas tahun 2014. Ada sembilan prioritas daerah yang akan dilakukan tahun depan untuk mencapai tujuan pembangunan 2014.

Dari sembilan prioritas tersebut, paling tidak dibutuhkan dana sekitar Rp180 miliar. Dana itu dibutuhkan untuk peningkatan kualitas pengelolaan dan penyediaan jaringan jalan, jembatan dan irigasi serta infrastruktur lainnya di daerah. Jenis prioritas ini memerlukan paling banyak dana yaitu Rp62,765 miliar.

Sementara prioritas pembangunan dengan kebutuhan dana sedikit adalah peningkatan manajemen pengelolaan bencana melalui sistem tata kelola penanganan bencana alam dan sosial. Prioritas ini memerlukan dana Rp440 juta.

Prioritas lainnya adalah peningkatan SDM Sumedang, produktivitas dan daya beli masyarakat, perluasan penciptaan lapangan pekerjaan, pemberiam insentif dan disinsentif yang berbasis kompetensi kerja, pemeliharaan ketersediaan pangan dan pelestarian lingkungan serta peningkatan ketyersediaan energi listrik pedesaan.

Dari berbagai rencana yang dibuat, lanjutnya, diperlukan biaya sangat besar. "Pendapatan daerah meski ditingkatkan untuk mencapai seluruh tujuan tersebut. 

Editor : Badi
Sumber : www.inilahkoran.com/read/detail/1967760/wujudkan-9-prioritas-sumedang-butuh-rp180-miliar