Kamis, 14 Maret 2013

Warta Urang

Polisi Bantu Pengurukan Jalan Berlubang

   

SEJUMLAH polisi lalu lintas Polres Sumedang
SEJUMLAH polisi lalu lintas Polres Sumedang
 Sumedang News, Sumedang Utara.- Ada yang menarik dengan pak polisi lalu lintas (polentas) di Sumedang. Orang pasti berdecak kagum bahkan bisa angkat topi jika melihatnya. Sekitar lima orang polantas Polres Sumedang berseragam lengkap, tampak begitu bersemangat melakukan aktivitas di luar tugas dan tanggung jawabnya di Jalan Bunderan Alamsari, Kec. Sumedang Utara. 

Bukan mengatur lalu lintas kendaraan, mengurai kemacetan atau pun menggelar razia kendaraan, melainkan mereka sedang berjibaku mengangkat sekop dan membawa segunduk berangkal (material) pasir dan kerikil. Berangkal tersebut, lalu disimpannya di jalan berlubang hingga diratakan. Ya, kelima aparat pengayom masyarakat itu sedang bekerja bakti menguruk jalan berlubang di sekitar Bunderan Alamsari. 

Pemandangan yang tak biasanya itu, spontan menarik perhatian para pengendara dan masyarakat sekitar. Melihat pak polisi turun tangan menguruk jalan berlubang, sejumlah warga sekitar pun merasa terpanggil hingga ikut bergabung membantu bersama-sama menguruk jalan. Tentunya, kinerja dan kepekaan mereka patut diacungi jempol. 

“Menguruk jalan berlubang kecil-kecilan dengan peralatan seadanya ini, spontanitas dan inisyiatif kita saja untuk membantu memperbaiki jalan rusak, tanpa komando dari atasan. Seperti halnya di Tanjungsari termasuk di perempatan mapolres,” ujar Anggota Patwal Polres Sumedang, Ajun Inspektur Satu Suhendar disela menguruk jalan berlubang di Bunderan Alamsari. 

Menurut dia, meski bukan tugas dan tanggungjawabnya, namun menguruk jalan berlubang merupakan kewajiban dan bentuk kepedulian aparat untuk ikut membantu memperbaiki jalan rusak. Apalagi kondisi jalan rusak sangat berpengaruh pada keselamatan dan kelancaran arus lalu lintas kendaraan. Bahkan bisa berakibat fatal, bisa mengundang kecelakaan kendaraan.

“Satu lubang saja di jalan, bisa memperlambat arus lalu lintas kendaraan. Bahkan jalan rusak bisa mengundang kecelakaan. Oleh karena itu, demi keselamatan para pengendara serta membantu kepentingan masyarakat, kami berinisyiatif dan terpanggil untuk menguruk jalan berlubang ini,” katanya.
“Kita berharap, pihak berwenang menindaklanjuti dengan perataan dan pengaspalannya,” tutur Suhendar.

Editor: Badi
Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/226692


Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :