Breaking News

Komunitas Delman di Kab.Sumedang Hampir Punah

Komunitas Delman di Kab.Sumedang Hampir Punah
Sumedang News, Sumedang Kota - Akibat perkembangan jaman yang sudah semakin maju dan serbah canggih, kini delman sebagai transportasi warga jaman dulu kini nyaris ‘punah’ dari pandangan warga. Karena warga saat ini telah beralih pungsi mempergunakan transportasi angkutan umum maupun kendaraan milik pribadi.

Padahal delman adalah salah satu transportasi yang sangan hemat biaya, karena tarif ongkosnya relatif murah mulai dari Rp.2000-5000,- tergantung jauh dekatnya jarak yang ditempuh.

Yayat (40) salah satu pengusaha delman mengaku penghasilannya berkurang setelah banyaknya kendaraan roda dua. “Kalau melihat dari penghasilan sudah tentu berkurang dibanding dulu, karena maraknya kendaraan pribadi dan angkutan umum. Sehari saya hanya bisa dapat Rp.25.000-30.000 per hari itupun kotor. Sedangka saya memiliki 4 orang anak. Mau tidak mau terpaksa harus saya geluti pekerjaan ini, kalaupun peredaran delman sudah berkurang namun selama pemerintah tidak melarang saya akan tetap sebagai kusir delman, demi anak istri. Yang penting saya bersyukur dan ber Doa sambil menikmati hidup ini,” Katanya.

Harapan saya Delman jangan sampai dihilangkan dari Sumedang, karena delma ini warisan dari orang tua saya dan justru harus dilestarikan. Pemerintah juga harus memperhatikan komunitas delman ini, dan jika boleh berikan pangkalan khusus bagi kami, agar kami bisa bertahan hidup, Lanjutnya.

Sumber : http://www.indofakta.com/?read/ssb/Komunitas~Delman~di~Kab~Sumedang~Hampir~Punah