Breaking News

Jalur Bandung-Cirebon Rusak Parah Sebabkan Kemacetan

Jalan rusak (Ilustrasi, Dok: Sindo TV)
Sumedang News - Sejumlah ruas jalan provinsi di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, mengalami kerusakan parah, termasuk jalur penghubung Bandung-Cirebon.

Kemacetan pun menjadi pemandangan sehari-hari. Bahkan, kemacetan bisa mencapai lima kilometer, seperti terjadi di jalur Cimalaka pada Kamis sore kemarin.

Berdasarkan pantauan, beberapa titik di Jalan Cimalaka, tepatnya di Jalan Serang, ambles dan bergelombang. Kondisi jalan tersebut juga kerap menimbulkan kecelakaan.

Jaenal, warga sekitar, mengatakan, sejauh ini belum ada upaya perbaikan dari dinas pekerjaan umum (PU). Apalagi, bila terjadi hujan, air dari selokan kerap meluap dan menggenangi jalan.

Kanit Dikyasa Polres Sumedang, Iptu Endang Hidayat, meminta pengendara sepeda motor dan mobil untuk berhati-hati bila melintas jalur Cimalaka, tepatnya Jalan Serang. Jalur tersebut merupakan satu satunya penghubung antarkota dan kabupaten.

Guna mengurai kemacetan, pihak Polres Sumedang dibantu dinas perhubungan setempat melakukan penjagaan di titik kemacetan. Petugas juga menggiatkan razia kendaraan, terutama angkutan barang. Pasalnya, keruskan jalan tak hanya diakibatkan faktor hujan, namun juga dari kendaraan yang melebihi kapasitas tonase. Jalan tersebut kerap dilintasi truk-truk pasir.

Sumber : http://bandung.okezone.com/read/2013/03/15/527/776147/jalur-bandung-cirebon-rusak-parah-sebabkan-kemacetan