Jumat, 15 Maret 2013

Warta Urang

Diguyur Hujan Deras, Rumah Jajang Ambruk

   

Sumedang News, Sumedang Utara - Akibat kondisi materialnya yang sudah tua, rumah panggung ukuran 4x5 meter milik Jajang (36), warga Talun Kidul RT 03/06 Kelurahan Talun Kecamatan Sumedang Utara, tiba-tiba saja ambruk tertiup angin, Rabu (13/3) malam sekira pukul 20.00. 

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, hanya saja pemilik rumah kini terpaksa harus numpang tinggal di rumah tetangganya, sampai bangunan tersebut bisa diperbaiki kembali. Namun kami tiba-tiba terbangun oleh suara patahan kayu dan bambu di bagian atas rumah yang tertengar ’ngabeletak’ keras. Kami pun akhirnya bangun dan langsung melihat keluar, dan ternyata bangunan rumah kami ini kondisinya sudah miring nyaris ambruk,” kata Jajang.

Melihat kondisi tersebut, Jajang bersama ibunya terpaksa bergegas keluar rumah dan langsung menyelamatkan diri dengan cara numpang menginap di rumah tetangganya. Jajang menuturkan, selain disebabkan oleh guyuran hujan dan tiupan angin, rusaknya bangunan rumah ini disebabkan pula oleh banyaknya bahan material rumah yang sudah lapuk akibat termakan usia.
“Tapi teu lami oge, abdi sareng warga langsung nyeundak bumi abdi supados teu teras dugi ka ambruk kanu sanes,” katanya. 

Untuk mengantisipasi kondisi tersebut, Lurah Talun Dedi Rochendi bersama Kepala Seksi Trantib Kecamatan Sumedang Utara, H. Asep Siswaya, Kamis (14/3) pagi langsung memerintahkan warga untuk membongkar bangunan rumah Jajang yang sudah miring dan nyaris ambruk tersebut.
“Semua barang milik korban telah kami amankan, dan bangunan rumahnya terpaksa kami bongkar karena khawatir membahayakan keselamatan warga,” kata Dedi Rochendi.

Mengingat, saat ini korban tidak memiliki bangunan rumah lain selain yang telah ambruk tersebut.
“Soalnya, bangunan rumah milik Jajang ini merupakan salah satu rumah yang telah diusulkan ke dalam program tersebut, tapi masalahnya dana program rumah tidak layak huni ini masih belum cair,” kata Dedi seraya menambahkan kerugian bencana tersebut diperkirakan mencapai sekitar Rp 20 juta.

Author : Moch. Ridwan
Editor : Badi
Sumber : http://www.kabar-priangan.com/news/detail/8570
Sumber Image : kabar-priangan.com

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :