Kamis, 28 Februari 2013

Warta Urang

Warga Sumedang Lebih Melilih Pilgub Daripada Pilbup

   

Sumedang News- INILAH, Sumedang - Partisipasi pemilih pilgub di Sumedang mencapai 78,7 persen dari jumah pemilih yang tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilgub sebanyak 831.480 orang. Jumlah pemilih pilgub diprediksi lebih besar daripadari jumlah pemilih pilbup yang hanya sekitar 73 persen saja.

“Dari total suara yang masuk saat ini, tingkat partisipasi pemilih pilgub ada di angka 78,7 persen lebih tinggi sedikit dari angka partisipasi pemilih pilbup sekitar 73 persen,” kata Nina Yuningsih, Anggota KPU Sumedang Divisi Sosialisasi dan Sumber Daya Manusia, Kamis (28/2/2013).

Menurut Nina, angka pemilih pilgub terbanyak ada di Kecamatan Sukasari yaitu 85 persen. Sukasari adalah kecamatan yang berada di wilayah barat dan merupakan kecamatan baru hasil pemekaran dari Kecamatan Tanjungsari yang berbatasan dengan Lembang, Kabupaten Bandung. Sukasari berada di bawah kaki gunung Manglayang.

Sementara, angka pemilih pilgub terkecil ada di Kecamatan Cibugel. Cibugel adalah kecamatan yang berbatasan dengan Garut berada di wilayah timur Sumedang. Di kecamatan yang dikenal dengan kondisi jalannya yang rusak parah ini, tingkat partisipasi pemilih pilgub hanya 66 persen saja.

Saat ini, KPU sedang mempersiapkan rapat pleno terbuka untuk melakukan rekapitulasi perolehan suara pilgub. Rapat akan digelar besok, Jumat (1/3/2013). Hasil pleno akan dilaporkan ke KPU provinsi untuk diplenokan pada 2 Maret 2013.

Sementara menurut pengakuan beberapa warga Sumedang, mereka lebih memilih calon gubernur daripada calon bupati. Alasannya, tidak begitu mengetahui profil calon bupati. Sementara kalau calon gubernur, masyarakat mengetahuinya melalui iklan-iklan di media massa seperti koran dan televisi.

“Tidak banyak tahu kalau untuk calon bupati, meskipun ada yang kampanye, tapi tidak ada yang dekat secara emosional. Tapi kalau calon gubernur banyak diiklankan di koran atau di televisi,” kata Ai Mulyati, warga Angkrek, Kelurahan Situ yang sehari-hari berjualan di jalan protokol Sumedang.

Sumber : inilah.com

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :