Minggu, 24 November 2013

Warta Urang

Waspadai HIV/AIDS di Jatigede

   

Sumedang News, Jatigede - Guna mengantisipasi adanya kemungkinan penyebaran virus HIV dan penyakit AIDS di wilayah Jatigede, Dinas Kesehatan Sumedang, melalui Puskesmas Jatigede, terus intensif melakukan pencegahan dengan cara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan terutama para pekerja proyek pembangunan Waduk Jatigede yang notabene berasal dari luar negeri dan luar daerah Sumedang.


“Secara umum belum ada catatan yang terdata secara resmi terkait adanya indikasi itu (penyebaran virus HIV dan AIDS), tapi karena wilayah Jatigede banyak pendatang dari luar daerah Sumedang termasuk dari luar negeri makanya kita waspada kemungkinan adanya hal tersebut,” ujar Kepala Puskesmas Jatigede, Yeyet Ruhiat, kepada “KP”.
Namun untuk lebih waspada, kata Yeyet, pihaknya proaktif dengan cara berkoordinasi dengan pihak proyek seperti Sino Hydro Corp dan kontraktor lainnya.


“Waktunya sementara baru 6 bulan sekali kita bekerja sama dengan mereka untuk melakukan cek kesehatan berkala,” ujarnya.
Selain terhadap pekerja proyek, sambung Yeyet, pihak Puskesmas juga intens melakukan sosialisasi terhadap masyarakat sekitar.
“Ya, dengan cara lokakarya mini melalui kader kesehatan di desa dan memberikan pengarahan terkait bahaya berbagai macam penyakit,” tuturnya.


Yeyet juga mengakui, ada juga masyarakat yang berobat karena penyakit kelamin. Namun itu hanya penyakit kelamin biasa.
“Untuk hal itu di Puskesmas sudah bisa menanggulangi,” ucapnya.


Yeyet juga mengajak kepada masyarakat Jatigede terutama yang berdekatan dengan areal proyek untuk waspada terkait hal itu.
“Peran masyarakat sangat penting tentunya untuk waspada terhadap hal itu,” ujarnya.



Sumber : http://www.kabar-priangan.com/news/detail/11612

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :