Jumat, 11 Oktober 2013

Warta Urang

Distamben Sumedang akan Cek Hilangnya Instalasi Listrik di Pemukiman Relokasi

   

Sumedang News, Sumedang - Dinas Pertambangan Energi dan Pertanahan (Distamben dan Pertanahan) Kab. Sumedang belum menerima laporan dari camat dan desa setempat terkait hilangnya instalasi listrik yang ada di pemukiman relokasi di Desa Lingga Jaya, Kec. Cisitu.

Padahal, sebelumnya masyarakat mengeluhkan karena 70 persen dari 503 rumah di pemukiman relokasi, instalasi listriknya hilang dicuri maling. Kejadian tersebut dampak 90 persen rumah di pemukiman relokasi hingga kini belum dihuni akibat ketiadaan air bersih. Mereka meminta kejelasan, apakah instalasi listrik dengan daya 450 VA yang hilang itu akan diganti lagi oleh Distamben atau harus dipasang sendiri oleh warga.
“Kita belum bisa memutuskan, apakah kita akan memasang lagi instalasi listrik tersebut atau terpaksa harus dipasang lagi oleh masyarakat. Terlebih kami belum menerima laporan resmi dari desa dan kecamatan setampat, terkait hilangnya instalasi listrik di pemukiman relokasi itu,” kata Kepala Distamben dan Pertanahan Kab. Sumedang, Drs. H. Surrys Laksana Putra, M.Si., ketika ditemui di kantornya, Rabu (9/10/13). 

Ia mengatakan, meski dirinya belum mendapatkan laporan, namun Distamben akan melakukan pengecekan langsung ke lapangan. Hal itu selain untuk mengetahui permasalahannya, sekaligus juga menanyakan keinginan masyarakat pascakejadian tersebut. “Kita akan menganalisa dulu permasalahannya. Setelah kita kaji, baru lah kita akan mengambil langkah penanganannya,” ujar Surrys. 

Seandainya Distamben yang akan mengganti, kata dia, tentunya harus melalui proses dan prosedur aturan dulu. Seperti halnya, pengajuan anggaran serta persetujuan dewan untuk memasang kembali instalasi listrik yang hilang. 

“Memang, di rumah relokasi itu rawan pencurian karena rumahnya banyak yang belum diisi. Sebelumnya juga, trafo PLN yang besar hilang sehingga PLN merugi Rp 1 miliar. Namun yang pasti, besok atau lusa kita akan mengecek ke lapangan,” ujarnya. 

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/254314

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :