Minggu, 16 Juni 2013

Warta Urang

Siap-siap, Tiga Bulan Lagi Jatigede Tergenang

   

Siap-siap, Tiga Bulan Lagi Jatigede Tergenang
Sumedang - Tiga bulan lagi Waduk Jatigede akan tergenang. Satuan kerja (satker) Waduk Jatigede pun sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk penggenangan ini.

“Satker sudah siap dengan penggenangan yang direncanakan akan Oktober nanti. Bahkan kami juga sudah menghubungi pihak Komisi Keamanan Bendungan yang akan melakukan pengecekan nanti,” kata Deputi perencanaan Pembangunan Waduk Jatigede (PWJ) Doni Faturrahman, ketika dihubungi INILAH.COM, Minggu (16/6/2013).

Proses penggenangan waduk akan dimulai dengan pengajuan penggenangan waduk kepada Komisi Keamanan Bendungan. Lembaga itu bertugas mengawasi bendungan di seluruh Indonesia yang diketuai Menteri
Pekerjaan Umum.

Dalam pengajuan ini, Satker PWJ melampirkan laporan teknis bendungan disertai jadwal pengecekan. Jika sudah disetujui, komisi ini akan datang ke lokasi mengecek kondisi fisik waduk setelah sebelumnya mencermati laporan teknisnya.

Pengecekan dilakukan untuk mengetahui apakah waduk dinyatakan layak atau tidak. Ada banyak materi pengecekan di antaranya kondisi pintu pembuangan, kapasitas air menentukan berapa lama air memenuhi permukaan bendungan, dan segala macam pintu air.

Pengecekan dilakukan secara teliti dan akurat sampai kepada engsel, baut, mur dan berbagai material lainnya. Seluruh pengecekan akan selesai dalam waktu satu bulan. Kemudian, waduk akan mulai digenang. Jadi, proses pengecekan dan penggenangan memakan waktu kurang lebih enam bulan.

Menurut Doni, setelah Komisi Keamanan Bendungan menyatakan layak, pintu diversion tunnel atau terowongan pengelak akan ditutup. Air Sungai Cimanuk ini akan mengaliri sungai dan perlahan naik ke permukaan. Dibutuhkan waktu sekitar empat sampai enam bulan agar air sampai ke permukaan.

“Juli ini, kami sudah berencana mengecek bendungannya bersama Komisi Keamanan Bendungan, lalu jika semuanya sudah oke, maka Oktober sudah akan diairi atau digenang. Air akan memenuhi permukaan bendungan sekitar enam bulan,” kata Doni.

Setelah enam bulan tergenang sedikit demi sedikit, Februari 2014 nanti Waduk
Jatigede akan diresmikan. Maka, ribuan hektare lahan sawah di Indramayu, Cirebon, dan Majalengka sudah akan mulai merasakan manfaatnya. 

Sumber : http://m.inilahkoran.com/read/detail/2000340/siap-siap-tiga-bulan-lagi-jatigede-tergenang

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :