Jumat, 07 Juni 2013

Warta Urang

Investor 'Rumah Hantu' Menjadi Rahasia Umum

   

SUMEDANG - Adanya investor pembangunan "rumah hantu" di kawasan calon genangan Waduk Jatigede bukan hal yang baru.
"Jadi pernyataan Kepala Dinas Permukiman dan Perumahan Pemprov Jabar, Eddy Nasution itu aneh. Mengapa baru tahu sekarang itu masalah klasik dan sudah lama terjadi," kata Ketua Komisi A DPRD Sumedang, Ending Ahmad Sadjidin, di gedung DPRD Sumedang, Rabu (5/6/2013).
Seperti dikabarkan Tribun, Rabu (5/6), Eddy mengatakan ada investor yang membiayai pembangunan "rumah hantu" di Jatigede. "Sepertinya ada investor khusus yang mendanai pembangunan rumah hantu," kata Eddy.
Persoalan "rumah hantu" ini terjadi sejak 2000 dan Tribun beberapa kali mengangkap fenomena rumah hantu yang ada investor khusus. "Bahkan investornya itu kebanyakan orang luar Jatigede bahkan ada yang dari luar kota. Mereka datang memberikan dana di lahan milik warga yang akan dibebaskan," kata anggota Komisi A DPRD yang berasal dari Darmaraja, Atang Setiawan. Darmaraja adalah daerah yang ditenggelamkan Jatigede.
Atang mengatakan warga pemilih tanah hanya menyediakan lahan, sedangkan yang membangun "rumah hantu" itu orang luar. "Nanti akan ada pembagian keuntungan setelah mendapat ganti rugi," ujar Atang.
Data di Panitia Pengadaan Tanah (P2T), tercatat ada 10.013 unit "rumah hantu" yang ada di 20 desa. Disebut "rumah hantu", karena bangunan itu dibangun tapi tak pernah dihuni oleh pemiliknya. Rumah itu dibiarkan kosong tak berpenghuni.
Saat dilakukan pendataan oleh P2T, petugas sempat memergoki "rumah hantu" yang dipindahkan. Pembangunan "rumah hantu" itu kurang dari 24 jam. Petugas P2T meninggalkan lokasi seusai pendataan sekitar pukul 17.00, keesokan harinya saat petugas datang pada pukul 09.00 sudah berdiri rumah baru.
Bahkan sempat juga petugas dari P2T memergoki sebuah bangunan "rumah hantu" yang digotong beramai-ramai untuk dipindahkan ke lokasi yang lain. Atau ada juga petugas yang penasaran dengan bangunan "rumah hantu" mencoba masuk ke dalam rumah.
"Di dalam rumah kosong tak ada barang apa pun. Saya sempat ke kamar mandi dan melihat ada kloset. Saya coba injak kloset itu ternyata terlepas dan saat diangkat tak ada lubang di bawahnya," kata seorang petugas P2T. 

Sumber : http://www.tribunnews.com/2013/06/06/investor-rumah-hantu-menjadi-rahasia-umum

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :