Jumat, 03 Mei 2013

Warta Urang

HES Janji Tertibkan Galian Pasir di Tampomas

   

H. Endang Sukandar
Sumedang News, Cimalaka - Bupati Sumedang (terpilih) H. Endang Sukandar (HES) berjanji untuk menertibkan aktivitas Galian C, khususnya galian pasir yang berlokasi di kaki Gunung Tampomas. Penertiban itu tidak berarti menutup kegiatan usaha masyarakat, namun lebih dititikberatkan kepada penataan.

Demikian dikemukakan HES sewaktu membuka kegiatan penghijauan dalam rangka reklamasi bekas lokasi galian pasir di Desa Licin, Kec. Cimalaka, Rabu (1/5). Kegiatan ini diprakarsai oleh Ormas Buah Batu Corps (BBC) Sumedang bekerja sama dengan salah seorang pengusaha Galian C setempat, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup
.
“Bagi pengusaha Galian C yang memerhatikan dan peduli terhadap lingkungan hidup tidak perlu merasa khawatir akan terganggu kegiatan usahanya. Namun bagi pengusaha Galian C yang tidak mengindahkan kaidah-kaidah lingkungan hidup, mulai sekarang sudah saya data dan diberi catatan tersendiri,” tegas HES.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Sumedang, Amim mengatakan, kegiatan penghijauan dengan menanam sebanyak 2.007 batang pohon ini, merupakan simbol dari upaya reklamasi lahan bekas Galian C. Karena, sekarang waktunya sudah memasuki awal musim kemarau, sehingga tidak tepat kegiatan penanaman penghijauan.

“Kegiatan reklamasi dapat kita lanjutkan pada musim ta­nam di masa mendatang. Pro­yeksi penghijauan untuk Kabu­paten Sumedang kini cukup besar, yakni 4.200.000 pohon setiap tahunnya,” jelas Amim.

Menurut Amim, program penanaman pohon merupakan imbal jasa manusia terhadap alam, karena selama ini sumber daya alam banyak dieksploitasi untuk kebutuhan pembangunan. Karena itu, sudah seyogyanya kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan dengan seksama serta mendapat dukungan masyarakat. 

Sumber : http://www.kabar-priangan.com/news/detail/9291

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :