Minggu, 05 Mei 2013

Warta Urang

BUDAYA IBING TAYUP DILESTARIKAN KEMBALI di KABUPATEN SUMEDANG

   

BUDAYA IBING TAYUP DILESTARIKAN KEMBALI di KABUPATEN SUMEDANG
Sumedang - Pagelaran Seni dan budaya ibing tayup yang  dilaksanakan diGedung Negara (GN) didukung  perguruan tinggi  STSI Bandung yang dipimpin Didin rasidin,S.Sn,M.Hum bekerja sama  Disbudpar  Propinsi Jawa barat dan  Disbudparpora sumedang.sabtu( 4/5).

Pagelaran Ibing tayup yang dibuka Bupati Sumedang, dalam sambutannya menyampaikan ”pagelaran ibing tayup ini merupakan seni budaya yang harus kita dukung bersama –sama masyarakat dan pemerintah karena semakin banyak budaya kita miliki semakin kaya kreaatifitas yang didapat yang nantinya akan bisa mengangkat jati diri kita selaku pemerintahan kabupaten sumedang maupun Bangsa.

Maka untuk itu sama-sama  untuk mengangkat kembali dan meningkatkan Apresiasi serta potensi Kreatiftas masyarakat dalam senitari Budaya ibing tayup. Selain itu pula seni ibing tayup bisa dijadikan sebagai meningkatkan kepariwisataan dikabupaten sumedang,”  siapa lagi kalau bukan kita yang melestarikan ?
 “Atas nama pemerintah kami sangat pendukung atas program propinsi jawa barat dan tidak lupa dukunga yang diberikan dari perguruan tinggi  TI. STSI Bandung” Ungkapnya.

Dalam pangelaran Ibing Tayup menampilkan dari berbagai daerah dijawa barat diantaranya Tasikmalaya,ciamis,Cirebon dan sumedang. Dalam acaratersebut dijelaska juga  latar belakang ibing tayup oleh  oleh Dr.Anis sujana,S.ST,M.Hum,” ibing tayup berdiri sejak jaman kerajaan dahulu,  itu   dilakukan oleh bangsa menak atau keraton  dan samapai saat ini  perkembangan ibing tayup  berkembang berbagai  versi diantaranya, Seni tari bangreng, jaipongan,dan tarling.

Sumber : http://www.indofakta.com/?read/ssb/BUDAYA~IBING~TAYUP~DILESTARIKAN~KEMBALI~di~KABUPATEN~SUMEDANG

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :