Rabu, 13 Maret 2013

Warta Urang

PKL Sumedang dipindahkan Menjelang Adipura

   


Sumedang Kota - Para pedagang kaki lima (PKL) di Alun-alun Sumedang tepatnya di depan gedung DPRD Kab. Rencana pemindahan para PKL sebanyak 26 pedagang itu, selain ada penilaian Adipura tahun 2013, juga pemda akan menata Alun-alun Sumedang. Tak hanya PKL di depan gedung dewan saja, para pedagang pasar kaget di dalam Alun-alun yang berjualan Sabtu-Minggu, akan dipindahkan juga ke Lapangan Pacuan Kuda, Kec. Sumedang Utara.

Akan tetapi, tolong pemerintah juga harus memberikan solusi pemindahannya dengan menyediakan tempat baru yang layak dan strategis,” kata Ketua Kompaas (Komunitas Pedagang Alun-alun Sumedang), Opik di Alun-alun Sumedang.

Sementara rencana pemindahannya, sudah sosialisasikan kepada semua pedagang dalam forum rapat. Tak pelak, para pedagang resah dengan ketidakpastian tempat pemindahan tersebut.
Aneh, justru kami yang harus meminta izin ke pihak DKM. Akan tetapi, tidak diizinkan. Rabu (13/3) nanti, akan ada rapat lanjutan di BLH,” turut Opik.

Ia menjelaskan, para pedagang tak keberatan jika diminta tidak berjualan selama penilaian piala Adipura tanggal 20-22 Maret nanti. Sebab, tindakan itu akan mematikan mata pencaharian para PKL yang sudah belasan tahun berjualan di tempat tersebut.

.“Kita siap tidak berjualan selama tiga hari sekadar penilaian Adipura. Akan tetapi, kalau tidak boleh berjualan selamanya, jelas kami tidak bersedia. Apalagi pemda belum menyediakan lokasi baru,” kata Opik.
Namun, untuk menjalankan program penataan Alun-alun Sumedang sebagai ruang publik yang harus terbebas dari PKL, sehingga para PKL di depan DPRD untuk sementara akan dipindahkan ke gerbang depan Masjid Agung Sumedang. Bahkan rencana ke depan, para PKL depan DPRD pun akan dipindahkan ke Lapangan Pacuan Kuda.

“Untuk pemindahan sementara, memang kami mengarahkan para PKL pindah ke gerbang depan Masjid Agung. Dan kami menyarankan supaya perwakilan pedagang langsung meminta izin kepada pihak DKM. Rabu depan, rapat lanjutan di BLH. Jadi, untuk rapat rencana pemindahan PKL hari ini, belum ada kesimpulan,” ujar Agus.


Sumber : PR


Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :