Rabu, 13 Maret 2013

Warta Urang

Melimpahnya Potensi Bisnis Kabupaten Sumedang

   


tahu sumedang 200x150 Melimpahnya Potensi Bisnis Kabupaten Sumedang

Berada di antara dua kota besar yakni Bandung dan Cirebon, ternyata tidak membuat Kabupaten Sumedang kalah bersaing dengan daerah lainnya di Provinsi Jawa Barat. Berbagai macam potensi unggulan pun berhasil disuguhkan masyarakat setempat sehingga perekonomian daerah tersebut semakin hari semakin meningkat pesat.
Memiliki luas wilayah sekitar 1.522,2 km2, secara administratif Kabupaten Sumedang membawahi 26 kecamatan yang di dalamnya terdapat kurang lebih 1.091.674 penduduk, dan jumlahnya setiap tahun mengalami pertumbuhan cukup signifikan. Berbatasan langsung dengan Kabupaten Indramayu di bagian utara, Kabupaten Majalengka di sebelah timur, Kabupaten Garut di bagian selatan, dan Kabupaten Subang di sebelah barat, membuat sebagian besar Kabupaten Sumedang merupakan daerah pegunungan dan sebagian kecil merupakan dataran rendah di bagian utara Sumedang. Kondisi inilah yang menjadikan Kabupaten Sumedang memiliki potensi bisnis cukup melimpah.
Kira-kira apa saja potensi bisnis yang bisa kita temukan di Kabupaten Sumedang? Mari kita simak bersama beberapa sektor unggulan daerah Sumedang yang bisa kita angkat sebagai peluang bisnis baru yang cukup potensial.

Potensi kuliner khas Sumedang
Seperti kita ketahui bersama, daerah Sumedang memiliki beranekaragam makanan khas yang diminati masyarakat lokal, nasional, bahkan internasional. Produk unggulannya tahu sumedang bahkan sudah menjadi buah tangan wajib bagi para wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut. Selain itu, ada juga ubi cilembu yang manis dan pulen dibudidayakan di Kecamatan Tanjungsari, sale pisang yang diproduksi masyarakat Panyingkiran Kabupaten Sumedang, salak cipondoh yang mulai dibudidayakan masyarakat Desa Bongkok Kecamatan Congeang, serta sawo citali yang menjadi produk unggulan Desa Sukatali Kecamatan Situraja, Sumedang.
Potensi agrobisnis Kabupaten Sumedang
Didominasi oleh daerah pegunungan, membuat daerah Sumedang memiliki lahan pertanian dan perkebunan yang cukup menjanjikan. Bahkan sebagian besar penduduk Sumedang menjadikan sektor pertanian sebagai sumber mata pencaharian mereka sehari-hari. Jumlah produksi padi di Kecamatan Buahdua, Cinggeang, Jati Gede dan Tomo, mencapai 408.643 ton pada tahun 2006. Sumedang juga menghasilkan palawija seperti jagung, ubi kayu, ubi jalar, kacang hijau, kedelai dan kacang tanah untuk mencukupi kebutuhan lokal dan beberapa daerah lainnya di sekitar kabupaten tersebut. Disamping itu, beberapa daerah di Kabupaten Sumedang juga kaya akan sayuran dan buah-buahan. Mulai dari cabe merah, bawang merah, cabe rawit, kubis, ketimun, sampai aneka macam buah-buahan segar, tersebar di berbagai kecamatan sehingga tidak heran bila sebagian besar masyarakat mulai memanfaatkan potensi tersebut untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya.

Potensi peternakan di Daerah Sumedang
Hasil ternak di daerah Sumedang ternyata tidak kalah potensial bila dibandingkan dengan sektor pertanian yang cukup mendominasi daerah tersebut. Selama ini hewan ternak yang dikembangkan masyarakat antara lain sapi pedaging, sapi perah, kerbau, kuda, domba, serta hewan unggas (seperti ayam buras, itik, dan lain-lain). Populasi sapi Sumedang mencapai 29.840 ekor dan tersebar di Kecamatan Jatigede, Jatinunggal, dan Pamulihan. Sedangkan untuk domba banyak ditemukan di daerah Cimanggu, dan Pamulihan.

Sumber gambar :
1. http://pusdatin.deptan.go.id/admin/SBI/sumedang.jpg
2. http://lapar.com/makanplus/wp-content/uploads/2011/01/262679187_3e031aad0b.jpg
 
Sumber : http://bisnisukm.com/melimpahnya-potensi-bisnis-kabupaten-sumedang.html 

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :