Minggu, 05 Maret 2017

Warta Urang

Rawan Pangan, Bupati Komunikasi dengan Pusat

   

Sumedang - Pemkab Sumedang secara intens berkomunikasi dengan pemerintah pusat guna menyikapi kerawanan pangan di wilayah relokasi Waduk Jatigede.

Selain itu, pemkab juga akan memantau langsung ke delapan lokasi relokasi yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Sumedang. Bupati Sumedang Eka Setiawan mengatakan, kerawanan pangan di wilayah relokasi terjadi karena warga terdampak Waduk Jatigede masih dalam tahap adaptasi peralihan profesi.

“Warga yang tadinya punya lahan garapan sawah sekarang harus terbiasa dengan profesi barunya,” ujarnya di Gedung Negara, kemarin. Untuk itu, kata dia, sebagai upaya jangka menengah dan jangka panjang, Pemkab Sumedang akan fokus membantu warga terdampak dalam proses alih profesi hingga mencarikan solusi bagi warga yang sudah tidak memiliki lahan garapan namun masih menganggur.

“Untuk alih profesi kami akan membantu memfasilitasi warga agar memiliki mata pencaharian tetap yang bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Juga mengupayakan penyediaan lahan yang ada dan masih berpotensi untuk bisa digarap warga terdampak,” tuturnya.

Sebagai upaya jangka pendek dalam menghadapi kerawanan pangan yang terjadi, kata dia, Pemkab Sumedang akan memberikan bantuan langsung berupa sembako kepada warga terdampak. “Langkah jangka pendeknya kami akan memberikan bantuan langsung berupa sembako kepada warga terdampak untuk memenuhi kebutuhan beberapa bulan ke depan,” sebutnya.

Selain itu, lanjut dia, untuk penyelesaian berbagai persoalan pascapenggenangan Waduk Jatigede, pihaknya tak henti melakukan berbagai upaya dengan berkomunikasi dengan Pemprov Jabar dan pemerintah pusat.

“Pemkab Sumedang sudah banyak berdiskusi dengan pemerintah pusat melalui BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) dan akan terus berupaya menyelesaikan berbagai persoalan yang ada, termasuk penyelesaian jalan di lokasi relokasi, Jalan Lingkar Jatigede hingga masalah potensi kerawanan pangan yang dihadapi warga terdampak pascapenggenangan,” katanya.
aam aminullah

Sumber : http://www.koran-sindo.com/news.php?r=5&n=30&date=2017-03-04

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :