Rabu, 27 November 2013

Warta Urang

Lapas Sumedang Optimis Bisa Ubah Karakter Napi

   

Sumedang - Lapas Kelas II B Kab Sumedang optimistis bisa mengubah karakter warga binaannya karena memiliki metode pembinaan yang baik.

“Saya tahu, kalau lapas ini mempunyai metode pembinaan yang baik sehingga mampu mengubah karakter warga binaannya, jadi sangat jauh dari kemungkinan terjadinya kerusuhan,” ujar kepala lapas yang baru, Herlin Cendrawati, seusai serah terima jabatan dari Yudi Suseno dalam acara pisah sambut Kepala Lapas II B Sumedang, Selasa (26/11/2013).

Lapas Sumedang mempunyai banyak program pendidikan dan pelatihan yang bekerjasama dengan berbagai lembaga pelatihan. Dengan metode tersebut, Kalapas percaya warga binaan akan lebih baik dan mempunyai keterampilan atau keahlian.

Selain itu, Lapas Sumedang juga telah membina hubungan baik dengan kepolisian untuk membantu mengamankan situasi dan kondisi Lapas. “Program dan kerja sama akan terus dilaksanakan dan ditingkatkan,” ujar Herlin.

Lapas Sumedang kini mempunyai 200 warga binaan. Sementara, kapasitas Lapas hanya untuk 175 orang. Kelebihan kapasitas ini tak akan menjadi masalah selama pengaturan keamanan dan pembinaannya tetap tertib.

Untuk selanjutnya, Herlin mengaku tetap akan memperketat pengawasan terhadap warga binaan. Artinya, pengawasan tidak hanya berbentuk rutinitas, tetapi lebih pada pendekatan pribadi.

"Kami rutin lakukan pengawasan. Remisi juga merupakan salah satu upaya mengurangi kelebihan kapasitas di lapas," ujarnya.

Lapas Kelas II B Sumedang juga menjalin koordinasi dengan Polres Sumedang untuk melakukan patroli setiap malam mengawasi aktivitas warga binaan. Harapannya, gejala-gejala kemungkinan bakal terjadinya kerusuhan sudah terdeteksi sedini mungkin. [rni]




Sumber : http://www.inilahkoran.com/read/detail/2050750/lapas-sumedang-optimis-bisa-ubah-karakter-napi

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :