Breaking News

TPS Pedagang Pasar Sumedang Sangat Sederhana

TPS Pedagang Pasar Sumedang Sangat Sederhana
Sumedang News, Sumedang Kota - Proses pembangunan Tempat Penampungan Sementara (TPS) Pedagang Pasar Sumedang, Kepanjen, terus berlanjut. Hingga kemarin siang, masih belum selesai 100 %. Bangunannya pun sangat sederhana. Dindingnya seperti rumah klenengan. Bagian bawah tinggi sekitar 1 meter terbuat dari batu bata. Bagian atasnya hingga atap dipasangi papan sejenis internit. Sedangkan atapnya menggunakan seng.

Dari hasil pantauan Memo Arema di lokasi penampungan kemarin siang, sejumlah pekerja tampak masih melakukan pekerjaan. Jumlahnya cukup banyak, dengan ukuran rata-rata 2 x 2 meter. Jarak antara TPS yang satu dengan lainnya berdekatan, bahkan berhimpitan. Lokasinya persis di sebelah utara Pasar Sumedang yang ada sekarang. “TPS-nya masih dikerjakan. Belum selesai,” kata seorang pekerja.

Meski TPS-nya sederhana, namun diharapkan dapat menampung para pedagang untuk sementara sampai proses pembangunan Pasar Sumedang selesai dikerjakan. “Yang penting bisa ditempati. Aman, dan kalau hujan tidak kehujanan,” kata salah satu pedagang.

Kondisi Pasar Sumedang, Kepanjen memang sudah memprihatinkan. Sudah tak layak lagi. Karena itu, Pemkab Malang, tahun 2013 ini akan membangun pasar yang lokasinya sekitar 1 km sebelah selatan Pasar Kepanjen tersebut. Saat ini, pembangunan kurang lebih 200 tempat penampungan sementara (TPS) sudah dilaksanakan.

“Tahun ini Pasar Sumedang memang akan dibangun. Cuma yang menangani Dinas Cipta Karya & Tata Ruang (CKTR). Bukan kami. Sedangkan kami hanya mengurusi pedagangnya saja. Kami hanya kebagian mengelola pasar. Dinas CKTR yang bagian membangun,” kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar (Disperindag & Pasar) Kabupaten Malang Heliyanti Koentari, kemarin.

Untuk melancarkan proses pembangunan, pihak Disperindag & Pasar sudah mengumpulkan sekitar 200 pedagang. Mereka diberi arahan terkait dengan pembangunan pasar tersebut.

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Malang Ahmad Andy menjelaskan, Pasar Sumedang memang sudah saatnya dibangun. “Kondisinya memang sudah harus dibangun agar lebih layak,” katanya.

Sumber : www.memoarema.com/2013/10/08/politik/tps-pedagang-pasar-sumedang-sangat-sederhana