Senin, 22 April 2013

Warta Urang

Kirab Panji Sumedang Larang April 2013

   

Kirab Panji Sumedang Larang April 2013
Sumedang News, Darmaraja - Seniman dan budayawan yang tergabung dalam Kapra­buan Sumedang Larang mengelar Kirab Panji Sumedang Larang dengan berjalan kaki menempuh jarak sekitar 28 kilometer.

Kirab Panji yang merupakan bentuk napak tilas perjalanan Kerajaan Sumedang itu bertolak dari Alun-alun Darmaraja, kemudian secara estafet panji Sumedang Larang tersebut diarak melalui beberapa kecamatan seperti Cisitu, Situraja, Ganeas kemudian ke Museum Prabu Geusan Ulun.

“Selain untuk memperingati Hari Jadi Sumedang yang ke-435, kita juga memperkenalkan dan mengingatkan kembali arti sejarah kerajaan Sumedang Larang terdahulu,” ujar Pupuhu Kaprabuan Sumedang Larang, HRO Hasan Suriadinata, Minggu (21/4).

Hasan menyebutkan, panji peninggalan kerajaan Sume­dang dahulu, memang berasal dari Darmaraja. Di mana, kata Hasan, Darmaraja merupakan letak cikal bakal kerajaan Sumedang. “Makanya napak tilas kita awali dari Darmaraja, karena dari Darmaraja lah berangkatnya kerajaan leluhur Sumedang dahulu,” ungkapnya.

Makna yang digali, sambung Hasan, tak lain untuk menghormati para karuhun. Selain itu, untuk membangkitkan ingatan dan mengenalkan arti sejarah kepada masyarakat Sumedang.

“Nilai filosofisnya begitu tinggi, sehingga masyarakat Sume­dang perlu tahu, walau­pun saat ini kita hanya me­lakukannya dengan kirab ini,” ujarnya.

Kirab Panji tersebut diikuti tim inti yang beranggotakan 40 orang terdiri dari ‘nonoman’ dan ‘jajaka’ yang aktif sebagai pencinta budaya. Serta unsur masyarakat dan para tokoh kasundaan di Sumedang.

Hasan menyebutkan, memasuki usia ke-435, sudah seharusnya Sumedang bisa menjadi Kabupaten yang maju dan mampu meningkatkan kesejah­teraan masyarakatnya. Ka­rena dalam usia itu, sudah harus dalam keadaan matang dalam berbagai bidang.

“Su­medang dulu sebagai kerajaan yang makmur dan sekarang harusnya itu bisa dicapai, ter­utama kesejahteraan masya­rakatnya,” ucapnya.

Sumber : http://www.kabar-priangan.com/news/detail/9120

Warta Urang

About Warta Urang

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :